Analisis Faktor Teknologi dan Organisasi terhadap Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi Digital pada Coffee Shop di Bandung Raya

  • Yudhi W. Arthana R. STMIK IM
  • Dani Sopian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Stan IM
  • Muangsal Politeknik Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia
  • Hendra Gunawan STMIK IM
Keywords: SIA, TOE, TAM, Adopsi Teknologi, SIA Digital, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi adopsi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) digital pada UMKM coffee shop dengan mengintegrasikan model Technology-Organization-Environment (TOE) dan Technology Acceptance Model (TAM). Data dikumpulkan melalui kuesioner dari 150 responden yang terdiri dari pemilik, manajer, dan karyawan coffee shop di Kota Bandung. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua faktor dari kerangka TOE—yaitu konteks Teknologi, Organisasi, dan Lingkungan—memiliki pengaruh signifikan terhadap Persepsi Kebermanfaatan dan Kemudahan Penggunaan. Kedua variabel ini, sesuai dengan TAM, secara signifikan memengaruhi Niat Perilaku untuk menggunakan SIA digital, yang pada akhirnya menjadi prediktor kuat untuk Penggunaan Aktual. Temuan ini memberikan kontribusi teoretis dengan memvalidasi model gabungan TOE-TAM dalam konteks UMKM coffee shop, serta menawarkan implikasi praktis bagi pengusaha dan pengembang perangkat lunak untuk mendorong digitalisasi yang efektif.

References

Al-Okaily, M., Al-Okaily, A., Alsafadi, Y., AL-khatib, A. W., Al-Fraihat, D., Shehab Shiyyab, F., Aleqab, M. M. A., & Bashatweh, A. D. (2025). Success factors of digital accounting systems usage: fresh insights from the emerging markets. Information Discovery and Delivery. https://doi.org/10.1108/IDD-10-2024-0164/1267803/SUCCESS-FACTORS-OF-DIGITAL-ACCOUNTING-SYSTEMS
Alnasrallah, W., & Saleem, F. (2022). Determinants of the Digitalization of Accounting in an Emerging Market: The Roles of Organizational Support and Job Relevance. Sustainability 2022, Vol. 14, Page 6483, 14(11), 6483. https://doi.org/10.3390/SU14116483
Alno Rifani, A., Kumala Sari, F., Muzayanah, L., Muhammad Lutfi, A., Tangerang Selatan, K., & Artikel, I. (2025). Peran Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Efisiensi Operasional Umkm. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 58–70. https://doi.org/10.31851/JMWE.V21I2.15036
Anak Agung Widya Adi Iswari, I Gst. Ngr A Suaryana, I Putu Sudana, & Dodik Ariyanto. (2025). Cloud accounting adoption in MSMES: A toe framework approach. World Journal of Advanced Research and Reviews, 25(2), 1630–1649. https://doi.org/10.30574/wjarr.2025.25.2.0437
Arifin, A., & Kuswanto, R. (2023). Integrasi Technology Acceptance Model dan Model TOE dalam Adopsi Aplikasi Pembayaran Digital. Jurnal Sistem Informasi Akuntansi, 11(1), 45–60.
Bryan, J. D., & Zuva, T. (2021). A Review on TAM and TOE Framework Progression and How These Models Integrate. Advances in Science, Technology and Engineering Systems Journal, 6(3), 137–145. https://doi.org/10.25046/AJ060316
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3), 319–339. https://doi.org/10.2307/249008
Fajri, R., & Suryani, E. (2022). Pengaruh Konteks Organisasi dan Teknologi terhadap Adopsi SIA Berbasis Cloud pada UMKM. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 19(2), 154–171.
Hadi, C., Mussanadah, A. U., & Kholifah, D. W. (2025). Dynamic Capabilities of SMEs: The Mediating Role of Digital Transformation in Achieving Sustainable Procurement. Accounting and Finance Studies, 5(2), 175–187. https://doi.org/10.47153/AFS52.17492025
Hassan, S., & Adomako, S. (2021). The role of technology adoption in SMEs’ performance: A systematic review. Journal of Business Research, 132, 583–594.
Jewapatarakul, D., & Ueasangkomsate, P. (2024). Digital Organizational Culture, Organizational Readiness, and Knowledge Acquisition Affecting Digital Transformation in SMEs from Food Manufacturing Sector. SAGE Open, 14(4). https://doi.org/10.1177/21582440241297405
Juwita, D., & Handayani, A. N. (2022). Peluang dan Tantangan Digitalisasi UMKM Terhadap Pelaku Ekonomi di Era Society 5.0. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik, 2(5), 249–255. https://doi.org/10.17977/UM068V2I52022P249-255
Kahveci, E. (2025). Digital Transformation in SMEs: Enablers, Interconnections, and a Framework for Sustainable Competitive Advantage. Administrative Sciences 2025, Vol. 15, Page 107, 15(3), 107. https://doi.org/10.3390/ADMSCI15030107
Kurniawan, D., & Pradana, M. (2022). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif: Panduan Praktis. Prosiding Konferensi Ilmiah Nasional, 88–95.
Lestari, R., & Saputra, E. (2021). Analisis Pengaruh Niat Perilaku terhadap Penggunaan Aktual Aplikasi Keuangan pada UMKM. Jurnal Ekonomi Bisnis, 25(1), 112–125.
Mahfud, A., & Hidayat, T. (2023). Tantangan dan Peluang Digitalisasi Akuntansi bagi Coffee Shop di Era Kompetitif. Jurnal Manajemen UMKM. Jurnal Manajemen UMKM, 10(2), 78–93.
Mediaty, M., Indrijawati, A., Palureng, R. Z., Surisman, S., & Hariana, H. (2025). Implementation of Accounting Information Systems in SME: A Systematic Literature Review. Golden Ratio of Finance Management, 5(1), 52–65. https://doi.org/10.52970/GRFM.V5I1.923
Nuraini, S., & Handayani, R. (2022). Peran Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use dalam Adopsi Teknologi Akuntansi. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 14(3), 201–215.
Okike, C. O. (2022). The Influence of Technology Characteristics on Technology Adoption in Small Businesses. International Journal of Digital Business, 5(1), 30–45.
Ouaadi, I., & Haddad, M. El. (2021). Determinants Of Cloud Accounting Adoption Intention: The T.O.E, D.O.I and T.A.M. Models. Journal of Accounting Research, Organization and Economics, 4(3), 216–233. https://doi.org/10.24815/JAROE.V4I3.21767
Puspitasari, I., & Budi, S. (2023). Dampak Konteks Organisasi terhadap Adopsi Teknologi Keuangan pada UMKM: Studi Kasus di Industri Jasa. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 15(1), 5–18.
Ramli, A., & Siregar, D. (2024). Analisis Faktor-Faktor Keberhasilan Adopsi Teknologi Informasi pada Bisnis Kuliner di Indonesia. Jurnal Pariwisata Dan Kewirausahaan, 8(1), 45–60.
Santoso, G., Rizal, M., Wiyana, H., Nabila Subagja, S., Muhammadiyah Jakarta, U., & Teknologi Muhammadiyah Jakarta, U. (2025). Digitalisasi UMKM: Strategi Dan Model Bisnis Berbasis Teknologi UntukKeberlanjutan. JUBISDIGI: Jurnal Bisnis Digital, 1(01), 1–10. https://ejournal.utmj.ac.id/jubisdigi/about
Setiyani, L., & Yeny Rostiani. (2021). Analysis of E-Commerce Adoption by SMEs Using the Technology - Organization - Environment (TOE) Model: A Case Study in Karawang, Indonesia. International Journal of Science, Technology & Management, 2(4), 1113–1132. https://doi.org/10.46729/IJSTM.V2I4.246
Situmorang, A., Riani, N., & Sulistyowati, W. A. (2025). Accounting Software Adoption – Extension of Technology Acceptance Model with Compatibility: A Conceptual Model. Asian Journal of Management, Entrepreneurship and Social Science, 5(03), 891–902. https://doi.org/10.63922/AJMESC.V5I03.1441
Subagio, D., & Setyawan, B. (2023). Pengelolaan Laporan Keuangan Digital pada Bisnis Makanan dan Minuman di Kota-Kota Besar. Jurnal Ilmu Akuntansi Terapan, 6(2), 123–128. https://doi.org/10.1234/jiat.v6i2.123
Susanto, A., & Prasetyo, I. (2021). Integrasi TOE-TAM untuk Menganalisis Adopsi E-commerce pada UMKM. Jurnal Ilmu Manajemen, 21(3), 250–265.
Utomo, W., & Wibowo, Y. (2022). Peran Konteks Lingkungan dalam Adopsi Teknologi Keuangan: Studi Kasus pada UMKM Jawa Barat. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 28, 512–527.
Wong, K., & Chen, H. (2021). A review of technology adoption models in the context of SMEs. Technological Forecasting and Social Change, 165
Published
01-05-2025