Pengaruh Persepsi Produk, Lokasi, Pemasaran Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Cafe Enam Belas Jakarta Utara

  • Setyo Supratno Universitas Pamulang
  • Hidayatullah Universitas Pamulang
  • Hajrunisa Aini Universitas Pamulang
  • Andy Garcia Ridwan Universitas Pamulang
  • Hadi Supratikta Universitas Pamulang
Keywords: Persepsi Produk, Lokasi, Pemasaran, Kualitas Layanan, Minat Berkunjung Kembali

Abstract

Cafe Enam Belas yang terletak di Kelapa Gading, Jakarta Utara, mengalami penurunan jumlah pengunjung sejak awal pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi produk, lokasi, pemasaran, dan kualitas layanan terhadap minat berkunjung kembali. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dengan teknik survei melalui penyebaran kuesioner. Sebanyak 80 responden dipilih sebagai sampel menggunakan rumus Slovin. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS, melalui tahapan uji validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, persepsi produk, lokasi, pemasaran, dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali (R² = 0,673; F = 48,709; p < 0,05). Secara parsial, semua variabel independen menunjukkan pengaruh positif dan signifikan (p < 0,05), dengan kontribusi terbesar dari persepsi produk (β = 0,287). Simpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya menjaga kualitas produk, kenyamanan lokasi, efektivitas pemasaran, serta pelayanan yang prima. Peneliti merekomendasikan agar Cafe Enam Belas meningkatkan inovasi menu, memperkuat strategi digital marketing, memperbaiki fasilitas penunjang, dan mengembangkan program loyalitas pelanggan untuk mempertahankan daya saing dalam industri kuliner

References

Anggraeni, P., & Hariani, D. (2022). Dampak Covid-19 Terhadap Jumlah Pengunjung the Harber Café Dan Resto Politeknik Harapan Bersama Tegal. Journal of Hospitality and Tourism, 1(1), 12–17. https://doi.org/10.30591/3489

Arifin, Z., & Amin, R. Al. (2024). Modifikasi Waktu Luang Pekerja Perempuan Di Kafe (Studi Deskriptif Di Ruang Jurnalis Perempuan Makassar). Al Qisthi Jurnal Sosial Dan Politik. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:275000934

el-fadillah, citra resita, ega trisna rahayu. (2021). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.5281/zenodo.5707228

Erlangga, Y., & Madiawati, P. N. (2023). The Influence Of Sales Promotion, Experiential Marketing, Product Quality And Service Quality On Interest To Rebuy Café Space Escalation In Bandung City. E-Proceeding of Management, 10(5), 4091.

Health, A. C., Masyarakat, K., & Kota, D. I. (2022). Saluran dengan penandatanganan Keppres No 11 tahun Status Kedaruratan berdampak aspek masih terlihat adanya secara signifikan oleh penurunan kasus positif Covid-19 akibat masyarakat . Pada berbagai media pun PPKM dari jam mengancam terutama seluruh kesehatan. 9(2), 251–270.

Mahmudi, A., & Noer, B. A. (2023). Analisis pengaruh bauran pemasaran 7p di era new normal terhadap keputusan pembelian pada coffee shop di malang (studi kasus: kopi ortu). Jurnal Sains Dan Seni ITS, 11(5). https://doi.org/10.12962/j23373520.v11i5.88946

Nugroho, H. (2008). Cafe Modern Minimalis Cerminan Gaya Hidup (Life Style) Mahasiswa “Simple Modern Lounge Representing Todays Collegian Cafe Style Which Represented on Room Elements Customization and Fasade Building.”

Purnama, D. (2020). 2613-10001094-1-Pb. Proyeksi, 25(1), 61–80.

Purwanto, P., Harahap, D. A., Amanah, D., & Gunarto, M. (2021). Beban infomasi media sosial dan niat melakukan isolasi mandiri serta panic buying selama pandemi covid 19. Jurnal Manajemen, 12(2), 147. https://doi.org/10.32832/jm-uika.v12i2.4327

Seftianingsih, D. K., & Wibawa, P. D. (2024). Analisis Konsep Alam pada Medjora Cafe dan Pengaruhnya terhadap Atmosfer Ruang. Rachanainterior. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:274417627

Thorik, S. H. (2020). Efektivitas Pembatasan Sosial Berskala Besar Di Indonesia Dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19. Jurnal Adalah : Buletin Hukum Dan Keadilan, 4(1), 115–120.

Tiannisabri, M., & Saphiranti, D. (2024). Place attachment dan intensi berkunjung kembali konsumen pada restoran sunda. Serat Rupa Journal of Design, 8(1). https://doi.org/10.28932/srjd.v8i1.7084

Widiyaningsih, D. S. (2022). Meaning of Cafe for Millennial Y Makna Kafe Bagi Remaja Milenial Sebagai Bentuk Citra Diri Di Media Sosial. Publiciana, 15(01), 12–18. https://doi.org/10.36563/publiciana.v15i01.374

Yusda, D. D., & Oktaria, E. T. (2021). Pengaruh perilaku pengunjung terhadap loyalitas pengunjung wisata desa pulau legundi, padang cermin. TECHNOBIZ : International Journal of Business, 4(1), 1. https://doi.org/10.33365/tb.v4i1.856

Published
08-07-2025