Pengaruh Cita Rasa, Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Konsumen Chatime Lamongan )
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh cita rasa, harga, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Chatime di Lamongan dengan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 100 responden yang dipilih menggunakan teknik non-probability sampling. Pengukuran variabel menggunakan skala Likert, dan data diolah menggunakan software SPSS versi 30. Tahap analisis yang dilakukan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linear berganda, uji t parsial, uji F secara simultan, serta uji koefisien determinasi (R²).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dengan harga sebagai faktor yang paling dominan. Model penelitian ini mampu menjelaskan 81,9% variasi dalam loyalitas pelanggan, sementara 18,1% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Temuan ini dapat digunakan sebagai dasar dalam merancang strategi pemasaran untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan.
References
Asri, S. K., & Julisman, I. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Philips terhadap Minat Beli Konsumen pada Yogya Garnd Majalengka. Jurnal Impresi Indonesia, 1(3), 282–287. https://doi.org/10.36418/jii.v1i3.40
Edi.N, R., H, Y., Sulistyowati, A., & Ridwan. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan. FOKUS : Publikasi Ilmiah Untuk Mahasiswa, Staf Pengajar Dan Alumni Universitas Kapuas Sintang, 20(1), 286–299. https://doi.org/10.51826/fokus.v20i1.580
Ginting, M., & Joe, S. (2024). Potensi Kualitas Produk Terhadap Peningkatan Loyalitas Pelanggan Melalui Citra Merek Dan Kepuasan Pelanggan Pada Japanese Fast Food. 14(02), 157–169.
Mardyanningsih, S. W. R. S., Ayuanti, R. N., & Udin, M. S. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Cita Rasa, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Di Kober Mie Setan Kediri. EBISMEN (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 01(03), 128–142.
Nur, A., & Ali, F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Atmosfer Caffe Dan Kualitas Layanan (Studi Kasus Pada Konsumen Kedai Kami Ngaliyan, Semarang). Jurnal Mirai Management, 7(2), 465–482. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/2220%0Ahttps://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/download/2220/1473
Nuraini, N. O., & Adialita, T. (2024). Analisis Harga Dan Cita Rasa terhadap Loyalitas Pelanggan yang Dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan Minuman Teh dalam Kemasan Siap Minum Merek Teh Botol Sosro di Kota Bandung. Journal of Management and Bussines (JOMB), 6(3), 915–927. https://doi.org/10.31539/jomb.v6i3.8804
Putri, E. M., Eko, & Suji’ah, U. (2024). Kabupaten Klaten. 170–194.
Rahmawati, Y. (2022). Pengaruh Cita Rasa, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Resto Street Sushi Cabang Meruya Jakarta Barat). Jurnal Humaniora, Ekonomi Syariah Dan Muamalah, 1(3), 117–127.
Sanjaya, T. S., Purwati, A. A., Amin, A. M., & Komardi, D. (2022). the Effect of Brand Image, Product Quality, Promotion, and Prices on Consumer Loyalty of Coca Cola Didumai (Case Study of the Community of Dumai). LUCRUM: Jurnal Bisnis Terapan, 2(2), 227–241.
Syafagita, O. S., & Santoso, A. B. (2024). Pengaruh Harga, Citra Merek, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Chatime Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(2), 1692. https://doi.org/10.33087/jiubj.v24i2.4999
Wicaksono, D. A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan (Suatu Kajian Teoritis). Ulil Albab : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 505–509.
Wijaya, B., & Nasir, M. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Cita Rasa Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada 3 Resto di Kemuning. Jurnal Manajemen Dirgantara, 17(1), 6–13.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung
The Business Research Company. (2023). Bubble Tea Market Growth and Forecast 2023-2024. Diakses pada [8 januari,2025], dari [https://www-thebusinessresearchcompany-com.translate.goog/report/bubble-tea-global-market-report].
Copyright (c) 2025 JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tanggunjawab Penulis
- Penulis menyajikan artikel penelitian atau hasil pemikiran secara jelas, jujur, dan tanpa plagiarisme.
- Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip.
- Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas artikel yang telah ditulis.
- Penulis harus menulis artikel secara etis, jujur, dan bertanggungjawab, sesuai dengan peraturan penulisan ilmiah yang berlaku.
- Penulis tidak keberatan jika artikel mengalami penyuntingan tanpa mengubah substansi