Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Minat Beli dengan Online Customer Review Sebagai Variabel Moderasi ( Studi Kasus pada Generasi Z di Lamongan )

  • Safira Tri Arlina Institut Teknologi Dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Muhammad Dzikri Abadi Institusi Teknologi Dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
Keywords: Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Online Customer Review, Minat Beli, Gen Z

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh variabel kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap minat beli konsumen dengan online customer review  sebagai variabel moderasi, khususnya pada Gen Z di Lamongan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner melalui google form. Populasi dalam penelitian Generasi Z yang ada di Lamongan. Sample penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Analisis data menggunakan Partial Least Square      (PLS) Structural Equation Modeling (SEM) versi 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat beli. Persepsi harga dan online customer review  berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Online customer review  dapat memperkuat dalam memoderasi secara positif dan signifikan pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap minat beli konsumen.

References

Apriliana, A., & Sukaris, S. (2022). Analisa Kualitas Layanan Pada Cv. Singoyudho Nusantara. Jurnal Maneksi, 11(2), 498–504. https://doi.org/10.31959/jm.v11i2.1246

Chrisnando, B. (2023). Pengaruh Pemasaran Media Sosial Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimoderasi Oleh Ulasan Online Pelanggan (Survei Konsumen Bobobox Di Daerah Istimewa Yogyakarta). ENPRINTS, 16(3), 6.

Fernos, J., & Ayadi, A. S. (2023). Pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli konsumen pada toko donat madu lapai. Jurnal Valuasi : Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 593–604.

Hidayah, A. N., & Putri, V. N. (2024). Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Minat Beli di Richeese Factory. 3(2), 884–891.

Irwan, & Adam, K. (2020). Metode Partial Least Square (Pls) Dan Terapannya. Teknosains, 9(1), 53–68.

Juli, N., & Putri, R. A. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Pelanggan di Yoehan Busana Cabang Citayam. Jurnal Manuhara: Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bsinis, 2(3), 280–290.

Kumesan, birky, Wenes, R., & Poluan, J. (2021). Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Niat Beli Konsumen Di Restoran Cepat Saji Richeese Factory Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 1187–1197. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/37304

MAULINA, A. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan Harga terhadap minat beli komsumen di Richeese Factory. 1–6.

Nabela, S. Z. (2022). The Effect of Brand Love, Product Quality and Customer Relationship Management on Customer Loyalty to Consumers of Oriflame Products in Jepara. Repository Iain Kudus, 42–55.

Novihenti, F. (2022). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW , ONLINE CUSTOMER RATING DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN APLIKASI ONLINE SHOP TERHADAP MINAT BELI. Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Nurelisah, S. H., Ekhsan, M., & Damayanti, T. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Minat Pembelian Ulang Produk Hidroponik (Studi Pada Generasi Z Di Cikarang). BENING, 11(1), 101–107.

Nuriyawan. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli ulang Konsumen Produk Teh Poci PT. Poci Kreasi Mandiri Sukabumi. 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Prabowo, K. F., & Kinasih, D. P. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PENETAPAN HARGA TERHADAP MINAT BELI (Studi Kasus Pada Produk Fashion Cik Cik). Economics Business Finance and Enterpreneurship, 2(1), 6–19.

Rahayu, I. F., Oktaviah, Y., & Rachmawati, D. L. (2024). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Shopee Melalui Online customer review Sebagai Variabel Moderating di Kota Pasuruan. BISEI: Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Islam, 5(2), 1–14.

Siaputra, H. (2024). Pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli pada Restoran XYZ Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 10(1), 13–23. https://doi.org/10.9744/jmp.10.1.13-23

Ummah, M. S. (2019). “Pengaruh Viral Marketing, Persepsi Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Richeese Factory. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Wahyuni, T., & Yoestini. (2022). PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI E-COMMERCE DENGAN ONLINE CUSTOMER REVIEW SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Pengguna Shopee di Kota Cilacap). Diponegoro Journal of Management, 11(3), 1–15. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/36540%0Ahttps://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/download/36540/28090

Widayat, W., & Purwanto, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Keberagaman Produk, Suasana Toko Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Di Pasar Tradisional Wonosobo. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(1), 123–132. https://doi.org/10.32500/jebe.v2i1.1458

Winayaputra, M. I. L., & Trisnawati, D. P. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Variasi Produk, Dan Islamic Store Atmosphere Tehadap Minat Beli Ulang Melalui Value Equity Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(2), 1994–2001. https://doi.org/10.29040/jiei.v10i2.13103

Published
19-05-2025