PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA KONSUMEN PRODUK “X” DI BANDUNG

  • Evan Jaelani sekolah tinggi ilmu ekonomi stan im
Keywords: Celebrity Endorsement, keputusan pembelian online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai pengaruh celebrity endorsement terhadap keputusan pembelian online produk “X” di Kota Bandung. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah dengan metode accidental sampling. Data diperoleh dari 97 konsumen. Pengolahan data menggunakan analisis regresi, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorsement berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian online. Serta besarnya nilai koefisien determinasi adalah 82,3%, sisanya 17,7% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti yang mungkin mempengaruhi keputusan pembelian online.

References

Armstrong, Gary, and Kotler, Philip. 2008. Marketing an Introduction 6th Edition. Pearson Education Internasional, Prentice Hall, New Jersey.
Faizan, Aklis. 2014. Pengaruh Kreativitas Iklan dan Endorser Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Mie Sedap. Manajemen Analisis Jurnal 3 (2).
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Edisi 5. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gupta, Tarun. 2014. Impact of Celebrity Endorsement on Purchase Decision : A Study Among Youth of Bareilly. IJMRR. Vol.4 Issue 11. Article No.3.
Ifeanyichukwu, Chioma. 2016. Effect of Celebrity Endorsements on Consumer Purchase Decision in Nigeria. International Research Journal of Management, IT, & Social Sciences (IRJMIS). Vol.3 Issues 9. Pages 103-110.
Khan, Afsheen.dan Lodhi Samreen. 2016. Influence of Celebrity Endorsement on Consumer Purchase Decision. Imperial Journal of Interdiciplinary Research. Vol.2, Issue-1.
Kotler, P.dan Amstrong, G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta Bandung.
Tjiptono, F. 2009. Service Marketing: Esensi & Aplikasi. Penerbit Marknesis. Yogyakarta.
Published
01-02-2018