Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Deposan Pada BPR KS Cabang Kiaracondong

  • Tatang Suhidayat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM
Keywords: Kepuasan Deposan, Metode Accidental, Kualitas Pelayanan

Abstract

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Deposan (Suatu Kasus Pada BPR KS Cabang Kiaracondong). Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan deposan yang dilakukan di BPR KS dengan memanfaatkan lima dimensi kualitas pelayanan (servqual) yaitu reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible, melalui pengamatan, wawancara serta mempergunakan instrumen pengumpulan data berupa kuesioner tertutup.

Sampel dipilih dengan metode accidental/convinience sampling, dengan ukuran sample 100 responden. Analisis regresi berganda digunakan untuk pengujian hipotesis adanya pengaruh 5 dimensi terhadap kepuasan deposan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program-program peningkatan kualitas pelayanan yang dilakukan oleh Bank BPR KS Cabang Kiaracondong ternyata mampu mempengaruhi kepuasan deposan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan (bersama-sama) kelima dimensi kualitas jasa yaitu reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible mampu mempengaruhi kepuasan deposan secara signifikan. Secara terpisah (parsial) hanya dimensi reliability, empathy dan tangible yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap peningkatan kepuasan deposan.

References

Goncalves, Karen P. (1998) Services Marketing; A Strategic Approach. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, P. (2000) Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall.

Schnaars, S. . (1998) Marketing Strategy : A Customer Driven Approach. New York: The Free Press.

Singarimbun, Asri (1995) Metode penelitian dan Survey. Jakarta: LP3ES.

Sugiyono (2014) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Published
08-11-2021