Penerapan Five Porter Analysis pada Efektifitas Kelangsungan Usaha Pelaku UKM (Studi Kasus UD Rey Collection)

  • Felicia Fiorenita Universitas Pembangunan Jaya
  • Agustine Dwianika Universitas Pembangunan Jaya
Keywords: Akuntansi, Five Porter Analysis, UKM

Abstract

UKM menjadi kegiatan usaha yang dapat meningkatkan perekonomian negara. Sudah banyak masyarakat yang mulai beralih menjadi pelaku UKM untuk mendapatkan profit yang lebih besar. Semakin banyak UKM yang dibuat, maka semakin berat persaingan di antara mereka. Untuk membuat usaha menjadi lebih unggul dari pesaing, pelaku usaha membutuhkan strategi yang baik dan tepat. Salah satu strategi yang dapat dengan mudah mengetahui keefektifan kelangsungan usaha dengan menggunakan Five Porter Analysis. Tujuan dibuatnya penulisan ini adalah mengetahui besarnya ukuran keefektifan kelangsungan usaha pelaku UKM serta strategi usaha yang dapat diterapkan untuk memperkuat jangka berjalannya usaha. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah wawancara dan studi literatur. Wawancara dilakukan untuk mengetahui permasalahan riil yang dihadapi salah satu pelaku UKM yang bersangkutan. Pengambilan data menggunakan studi literatur yaitu dengan mengambil data pustaka, mencatat lalu mengolah bahan data tersebut menjadi sebuah informasi. Manfaat dari penulisan ini adalah para pelaku UKM dapat menfaatkan Five Porter Analysis untuk mengetahui seberapa besar keefektifan usaha yang dijalan dan dapat menemukan solusi untuk meningkatkan berjalannya usaha kedepannya. Hasil penelitian ini adalah Five Porters Analysis dapat dengan mudah menemukan permasalahan dalam kelangsungan usaha dan dapat menentukan stratgi yang dapat dilakukan untuk mencapai keefektifan kelangsungan usaha. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan mampu mendapatkan informasi yang kuat agar para pembaca dapat memahami penggunaan Five Porter Analysis lebih dalam dan lebih baik.

References

Amiruddin, A. (2018). Pemberdayaan usaha kecil menengah (UKM) Binaan Dinas Perdagangan Kota Surabaya dalam Upaya Meningkatkan Kesejahter-aan. (Doctoral Dissertation, Universitas Airlangga).

David, F.R. (2011). Strategic Management, Concept and Cases, 13th Edition. Upper Sadle River, NJ: Pearson Prentice Hall.

Kristiyanti, M. (2012). Peran Strategis Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam Pem-bangunan Nasional. Majalah Ilmiah Informatika, 3(1), 63-89.

Martin, R., & Hutagaol, N. (2012). Penerapan Akuntansi Pada Usaha Kecil Menen-gah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 1(2).

Munizu, M. (2013). Strategi Peningkatan Kinerja dan Peran Usaha Kecil dan Menengah (Ukm) Pengolah Produk Berbasis Pangan. Journal of Management and Busi-ness, 12(1).

Nasip, I., & Sudarmaji, E. (2017). Model Bisnis Kanvas: Alat untuk Mengidentifikasi Peluang Bisnis Baru bagi Pengusaha UKM Indonesia. In 1st National Conference on Business and Entrepreneurship.

Prananda, A. A., & Datu, C. (2016). Peranan Sistem Informasi Akuntansi Manajemen Dalam Pegambilan Keputusan Investasi Asset Tetap Pada PT. Etmieco Sarana Laut Bitung. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1).

Samantha, D. (2015). Analisis Strategi Bersaing pada Perusahaan Kotak Karton Ge-lombang Menggunakan Porter's Five Forces Analysis. Agora, 3(1), 686-690.

Rahma, A. N., & Pradhanawati, A. (2018). Strategi Bersaing Produk UKM Lunpia dengan Menggunakan Analisis Five Forces Porter dan SWOT (Kasus pada UKM Lunpia Kings Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(2), 171-185.

Resalawati, A. (2011). Pengaruh Perkembangan Usaha Kecil Menengah Terhadap Per-tumbuhan Ekonomi pada Sektor UKM di Indonesia.

Refiasari, D., Tristiyanto, T., & Hijriani, A. (2019). Analisis Lima Kekuatan Porter pada Marketplace Pakan Ternak dan Produk Hasil Ternak (Studi Kasus: ePakan).

Riky, A. (2014). Porter Five Forces Model Pada PT. RUCI GAS. Agora, 2(2), 1285-1296.

Widyasari, D. (2014). Analisis Industri Alas Kaki di DKI Jakarta Tahun 2014 Dengan Model ‘Porter’s Five Forces’. Jurnal Ekonomika dan Manajemen, 3(2).

Published
24-05-2021