Analisis Nilai Valuasi Startup Berdasarkan Faktor Keuangan dan Non-Keuangan pada Startup Inmotioon
Abstract
Teknologi internet di era yang serba digital, startup dituntut menggunakan teknologi internet untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Startup Inmotioon merupakan startup yang bergerak di bidang jasa pembuatan undangan digital berbasis website. Saat ini Startup Inmotioon sedang melakukan pengembangan sesuai kebutuhan pasar. Sehingga melakukan valuasi Startup Inmotioon sangat penting untuk memperoleh dana investor.
Metode Scorecard Valuation untuk faktor non-keuangan dan untuk faktor keuangan menggunakan Analisis Comparative Financial Statement yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan. Metode Scorecard Valuation digunakan untuk penilaian skor yang mengacu pada Tabel Valuation by Stage, dan perbandingan pada laporan keuangan menggunakan metode analisis komparatif dengan membandingkan laporan laba/rugi dan laporan neraca untuk mengetahui keadaan keuangan Inmotioon serta menentukan proyeksi laporan keuangan dalam lima tahun mendatang. Kemudian menghitung Present Value untuk menentukan nilai perusahaan saat ini. Berdasarkan analisis faktor non-keuangan, sebagai bahan pertimbangan investor dalam menanam modal yaitu Startup Inmotioon memiliki potential customer dan target user yang jelas.
Hasil analisis nilai valuasi Startup Inmotioon didapat dengan menjumlahkan hasil analisis kualitatif menggunakan Metode Scorecard Valuation sebesar Rp 485.520.000, - dan hasil analisis kuantitatif menggunakan Analisis Comparative Financial Statement sebesar Rp 12.179.842,97, -. Hasil akhir dari nilai valuasi Startup Inmotioon adalah sebesar Rp 497.699.842,97-.
References
Aldila Septiana. (2018). ANALISIS LAPORAN KEUANGAN (Pemahaman dasar dan analisis kritis laporan keuangan) (R. Hermawan (ed.)). Duta Media Publishing.
Estiyanti, N. M., Adi Istriawati, N. K., & Satwika, I. P. (2021). Analisis Pengaruh Investasi Teknologi Informasi Dalam Bidang E- Commerce (Studi Kasus Pt Matahari Department Store Tbk). Ekonomi & Bisnis, 20(1), 11–20. https://doi.org/10.32722/eb.v20i1.4055
Istriawati, N. K. A., Satwika, I. P., & Estiyanti, N. M. (2020). Analisis Perbandingan Sebelum Dan Sesudah Menggunakan Teknologi Informasi Dalam Bidang E-Commerce (Studi Kasus Pt Matahari Department Store Tbk). Ekonomi Bisnis, 26(1), 227–234. https://doi.org/10.33592/jeb.v26i1.622
Komang Sri Artani, N., Made Estiyanti, N., Muntina Dharma, E., & Primakara, S. (2019). Analisis Valuasi Perusahaan Startup Digital (Studi Kasus Pada Kostpedia.Id). Journal of Applied Management and Accounting Science (JAMAS, 01(1), 24–37.
Lestari, A. S. A. (2020). Pengaruh Keputusan Investasi, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. JEM: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen STIE Pertiba Pangkalpinang, 6(1), 60–73.
Payne, H. B. (2011). The definitive guide to raising money from angels. 91. https://www.google.co.id/books/edition/The_Lean_Startup/tvfyz-4JILwC?hl=id&gbpv=1&dq=the+lean+startup&printsec=frontcover.
Putu Agustini, N. L., Swastika, P. A., & Estiyanti, N. M. (2019). Analisa Nilai Valuasi Startup Berdasarkan Faktor Keuangan Dan Faktor Non Keuangan Media Online PT. XYZ Bali. REMIK (Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer), 3(2), 5. https://doi.org/10.33395/remik.v3i2.10101
Ries, E. (2011). The lean start-up.
Sistem, J., Akuntansi, I., Selatan, D., & Denpasar, K. (2016). Penerapan The Dave Berkus Method Untuk Menentukan Nilai Perusahaan Startup di.
Susanti, S. D. (2021). OJK sebut Indonesia miliki 2.100 perusahaan rintisan. ANTARANEWS.COM. https://www.antaranews.com/berita/2450269/ojk-sebut-indonesia-miliki-2100-perusahaan-rintisan.
Syahbana, A. A. (2008). Pengaruh Intensitas Persaingan, Lokasi, Kualitas Pramuniaga, Dan Kesadaran Akan Harga Terhadap Strategi Bisnis Berbasis Pelayanan Dalam Meningkatkan Kinerja OUTlet (Studi pada Outlet PT. Telkomsel Wilayah Kota Semarang).
Copyright (c) 2022 JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tanggunjawab Penulis
- Penulis menyajikan artikel penelitian atau hasil pemikiran secara jelas, jujur, dan tanpa plagiarisme.
- Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip.
- Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas artikel yang telah ditulis.
- Penulis harus menulis artikel secara etis, jujur, dan bertanggungjawab, sesuai dengan peraturan penulisan ilmiah yang berlaku.
- Penulis tidak keberatan jika artikel mengalami penyuntingan tanpa mengubah substansi