Pengaruh Citra Merek dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Merek Mie Instan Indomie pada Alfamart Cabang Putat
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh citra merek dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas merek mie instan indomie pada Alfamart Cabang Putat. Penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu citra merek dan kepuasan konsumen dengan satu variabel dependen yaitu loyalitas merek. Sampel diambil dengan teknik incidental sampling, dengan jumlah sebanyak 41 responden. Metode pengumpulan data yang terkait dengan masalah penelitian dilakukan metode kuesioner. Teknik analisa menggunakan analisa regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan citra merek dan kepuasan konsumen berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas merek. Secara parsial bahwa citra merek berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas merek, dan kepuasan konsumen berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas merek.
References
Bastian, D. A. (2014). Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–9.
DEWI, L. N. (2015). Business essentials (10th Ed). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1–17. Retrieved from http://eprints.dinus.ac.id/17594/
Hanifa, O., Kurniawati, T., & Rahmidani, R. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Go-Jek Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasipada Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Jurnal Ecogen, 1(4), 794. doi: 10.24036/jmpe.v1i4.5658
Nandya Ayu Putri, Zainul Arifin, W. (2016). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, dan Switching Barrier Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan. Administrasi Bisnis, 32 No. 1 M, 18–26.
Purnama, P. M. (2018). Konsumen Wedding Organizer. Jurnal Ilmu Manajemen, 7, 140–152.
Suliyanto. (2017). Pelatihan Metode Pelatihan Kuantitatif. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(2), 223–232.
Copyright (c) 2021 JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tanggunjawab Penulis
- Penulis menyajikan artikel penelitian atau hasil pemikiran secara jelas, jujur, dan tanpa plagiarisme.
- Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip.
- Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas artikel yang telah ditulis.
- Penulis harus menulis artikel secara etis, jujur, dan bertanggungjawab, sesuai dengan peraturan penulisan ilmiah yang berlaku.
- Penulis tidak keberatan jika artikel mengalami penyuntingan tanpa mengubah substansi