Analisis Analisis Urgensi Kewirausahaan Berbasis Teknologi (Technopreneurship) dan Peranan Society 5.0 dalam Perspektif Ilmu Pendidikan Kewirausahaan
Abstract
Penelitian ini berupaya mengkaji tentang kajian deskripsi dari proses bisnis (entrepreneur) dengan menggunakan basis teknologi (Technopreneurship) dilihat dari aspek perspektif pendidikan kewirausahaan. Secara deskripsi penelitian ini akan memberikan gambaran tentang ber-entrepreneur serta usaha kecil menengah dengan menggunakan teknologi. Dari segala sudut pandang, baik motivasi, kepemilikan, manajerial, ketenagakerjaan, dan sebagainya Technopreneurship dapat diedukasi melalui dunia pendidikan sebagai dunia transformasi, yaitu ilmu mengembangkan kewirausahaan dengan menggunakan basis teknologi sebagai dasar berwirausaha. Teknoprenuership merupakan pengembangan dari konsep kewirausahaan. Wirausaha adalah salah satu jawaban untuk menjawab ketimpangan antara pertumbuhan penduduk usia produktif dengan ketersediaan lapangan pekerjaan. Dunia pendidikan berkewajiban untuk dapat mencetak generasi – generasi yang memiliki kemandirian, termasuk kemandirian secara ekonomi. Sekolah, kampus juga media pendidikan informal lainnya bukan hanya berfungsi untuk berbagi ilmu dengan teori – teorinya maupun ketrampilan dengan praktek – prakteknya. Namun jika dikaitkan dengan masih rendahnya pemahaman dan minat tentang dunia wirausaha, dunia pendidikan dapat difungsikan juga sebagai media informasi untuk meningkatakan pemahaman dan minat anak didiknya pada dunia kewirausahaan. Mengkomunikasikan pentingnya teknologi dalam pengembangan entrepreneur menjadi tantangan dalam dunia pendidikan. Kajian ini diharapkan bisa menjadi rujukan dalam pengembangan pendidikan kewirausahaan. Paper ini merupakan sebuah konseptual paper yang bersumber dari data sekunder yang berasal dari publikasi terkait tema paper dan bertujuan untuk menggambarkan pentingnya mengenalkan Technopreneurship dan Society 5.0 melalui dunia pendidikan.
References
Anata, Firdaus, 2013, Pengaruh Tingkat Pengangguran Terbuka, PDRB Perkapita, Jumlah Penduduk dan Indeks Williamson Terhadap Ttingkat Kriminalitas (Studi pada 31 Propinsi di Indonesia tahun 2007 - 2012), Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Malang.
Astuti, P., Djaelani, A. Q., & ABS, M. K. (2018). Pengaruh Pendidikan dan Praktik Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha (StudiPada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang). E-Jurnal Riset Manajemen: Universitas Islam Malang 7(01).
Badan Pusat Statistik Indonesia. 2020. Statistik Penduduk Berumur 15 Tahun Ke Atas Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan dan Jenis Kegiatan Selama Seminggu yang Lalu, 2008-2020. Jakarta
Byrd, J & Brown, P.L. 2003. The innovation equation. building creativity and risk taking in your organization. San Fransisco: Jossey-Bass/Pfeiffer. A wiley imprint. Diakses melalui www.pfeiffer.com
Clelland, David MC. (1961). Entrepreneur Behavior And Characteristics Of Entrepreneurs. The Achieving Society.
Depositario, D.P.T., Aquino, N.A., and Feliciano, K.C., 2011, Entrepreneurial Skill Development Needs of Potential Agri-Based Technopreneurs, J. ISSAAS. Vol. 17. No.1:106-120
Direktorat Akademik, Direkturat Jendral Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Technopreneurship, Draft Buku Pegangan
Estiningsih, Wening. Zainal, Arifin, H. (2014). Technopreneurship; Challenge For Entrepreneurship Educational Development in Indonesia, Forum Tahunan Pengembangan Iptek Dan Inovasi Nasional IV, LIPI, Tahun 2014.
Kartadinata. (2019). Profesi Keguruan. In Profesi Keguruan dalam Mengembangkan Siswa. Universitas Terbuka, Jakarta, pp. 1-47. (Vol. 53, Issue 9).
Kartadinata, S. (n.d.). No Title. Membangun Keutuhan Bangsa Melalui Pendidikan Dalam Bingkai Utuh Sistem Pendidikan Nasional, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Mopangga, Herwin. 2008. Penerapan Teknologi dan Transformasi Kelembagaan pada Masyarakat Pedesaan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Agropolitan, 1(1): 29-39.
Mopangga, Herwin. (2015). Studi Kasus Pengembangan Wirausaha Berbasis Teknologi (Technopreneurship) di Provinsi Gorontalo. TRIKONOMIKA, 14(1), 13. https://doi.org/10.23969/trikonomika.v14i1.587
Nurseto, T., 2010, Pendidikan Berbasis Entrepreneur, Jurnal pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol.8, No.2, UNY, Yogyakarta
Okorie N. N. et al. 2014. Technopreneurship: An Urgent Need in The Material World for Sustainability in Nigeria. European Scientific Journal, 10(30): 1857-7881.
Ono, Suparno et al. 2013. Peningkatan Minat Technopreneurship Melalui Workshop Satu Hari. Prosiding KNIT RAMP-IPB: 131-139.
Putri, Novita Delima, 2013, Pendidikan Kewirausahaan; Sebagai sebuah Tantangan Bagi Pengembangan Pendidikan Indonesia, Prossiding Seminar Nasional: Sustainable Competitive Advantages – 3. Unsoed, Purwokerto.
Rukmana, A. Y., & Sukanta, T. A. (2020, Mei 1). Analisis Strategi Bersaing dan Strategi Bertahan pada Industri Mikro dan Kecil Panganan Keripik Kemasan di Kecamatan Coblong Kota Bandung Jawa Barat Tahun 2020 Ditengah Situasi Sulit Penyebaran Pandemi COVID-19. Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi, 12(1), 37-53.
Rojko, A. (2017). Industri 4.0 Concept: Background and Overview. ECPE European Center for Power Electronics e.V. Vol. 11. Nuremberg, Germany.
Rifai, I. A., & Sucihatiningsih, D.W. P. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Pelaksanaan Kegiatan Business Center Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Journal of Economic Education, 5 (1): Universitas Negeri Semarang.
Rukmana, A. Y. (2017). Analisis Pengaruh Pembelajaran Di SMK dan Keahlian Kewirausahaan Terhadap Niat Dan Sikap Kewirausahaan Siswa SMK Pelita Bandung (Doctoral dissertation, Tesis Program Magister Management Universitas Widyatama Bandung).
Soegoto, Eddy Soeryanto. 2009. Entrepreneurship; Menjadi Pebisnis Ulung. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sosrowinarsidiono. 2010. Membangun Sinergi Teknologi Dengan Kemampuan Kewirausahaan Guna Menunjang Kemandirian Bangsa. Munas Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Informatika. Bandung: Politelkom.
Sudarsih, Endang. 2013. Pendidikan Technopreneurship: Meningkatkan Daya Inovasi Mahasiswa Teknik dalam Berbisnis. Prosiding KNIT RAMP-IPB: 56-63.
Sudira, P. (2016). TVET ABAD XXI : filosofi, teori, konsep dan strategi pembelajaran vokasional. D.I.Yogyakarta: UNY Press
Sophia (2016). Study harder? The relationship of achievement goals to attitudes and self-reported use of desirable difficulties in self-regulated learning. Journal of Psychological and Educational Research.
Untari, Dhian Tyas. (2014). Ecopreneurship: Concept Of Responsible Entrepreneurship. Malang: Prosiding 11th International Annual Symposium on Management.
Warhuus, Jan P., (2014). Entrepreneurship Education at Nordic Technical Higher Education Institutions: Comparing and Contrasting Program designs and Content, The International Journal of Management Education. Volume 12, Issue 3. Pagess 317-332. Aarhus University.
Wiklund, Johan & Shepherd, Dean. 2005. Entrepreneurial Orientation and Small Business Performance: A Configurational Approach. Journal of Business Venturing, 20(1): 71-91.
Copyright (c) 2021 JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tanggunjawab Penulis
- Penulis menyajikan artikel penelitian atau hasil pemikiran secara jelas, jujur, dan tanpa plagiarisme.
- Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip.
- Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas artikel yang telah ditulis.
- Penulis harus menulis artikel secara etis, jujur, dan bertanggungjawab, sesuai dengan peraturan penulisan ilmiah yang berlaku.
- Penulis tidak keberatan jika artikel mengalami penyuntingan tanpa mengubah substansi