Daya Tarik Media Sosial dan Atribut Produk Terhadap Minat Kunjung Wisata di Ciwidey
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) persepsi media sosial; 2) Persepsi atribut produk; 3) Persepsi minat kunjung; 4) besarnya pengaruh media sosial dan atribut produk terhadap minat kunjung wisata di Ciwidey Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif melalui analisis regresi berganda. Adapun tekhnik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang yang memiliki akun media sosial instagram. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa media sosial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat kunjung wisata. Sedangkan untuk atribut produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjung wisata.
References
Akpoyomare, Ben, O., Adeosun, L. P., & Ganiyu, R. A. (201). The Influence of Product Attributes on Consumer Purchase Decision in the Nigerian Food and Beverages Industry. American Journal od Business and Management, 196-201.
Amartin, L. (2018). Pengaruh Akun Instagram @EksploreBanten terhadap minat kunjung (Travelling) Wisata di Banten.
Hapsari, N. R., Lubis, N., & Widiartanto. (2014). Pengaruh Atribut Produk Wisata dan Electronic Word of Mouth (e-WOM) Terhadap Keputusan Berkunjung pada Objek Wisata Umbul Sidomukti Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.
Hasan, A. (2015). Marketing Tourism. Jakarta: Centre for Academic Publishing Service.
Kottler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Muljadi, A. (2010). Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.
Nifita, & Arishonda. (2017). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Berkunjung Wisata di Taman Geopark Kabupaten Merangin .
Sanchez-CaƱizares, S., & Castillo-Canalejo, A. (2015). A Comparatived Study of Tourist Attitudes Towards Culinary Tourism in Spain and Slovenia. British Food Journal. Retrieved from https://doi.org/10.1108/BFEJ-012015-0008
Social, W. a. (2019). Most Active Social Media Platforms.
Sumardy, Silviana, M., & Melone, M. (2011). The Power Word of Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sunarti, S. d. (2019). Pengaruh Media Sosial terhadap Minat Berkunjung FOLLOWERS (Survei pada Followers Akun Instagram @batuflowergarden.Cobanrais). Jurnal Administrasi Bisnis.
Suryani, I. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Produk Dan Potensi Indonesia Dalam Upaya Mendukung Asean Community 2015. Jurnal Komunikasi 8(2), 123-138. Retrieved from https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol8.iss2.art2
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.1.
Copyright (c) 2020 JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tanggunjawab Penulis
- Penulis menyajikan artikel penelitian atau hasil pemikiran secara jelas, jujur, dan tanpa plagiarisme.
- Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip.
- Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas artikel yang telah ditulis.
- Penulis harus menulis artikel secara etis, jujur, dan bertanggungjawab, sesuai dengan peraturan penulisan ilmiah yang berlaku.
- Penulis tidak keberatan jika artikel mengalami penyuntingan tanpa mengubah substansi