Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Nasabah Bank “X” Di Bandung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai pengaruh Customer Relationship Management (CRM) yang terdiri dari sumberdaya manusia, proses dan teknologi terhadap loyalitas nasabah Bank “X” di Bandung. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah dengan metode accidental sampling. Data diperoleh dari 61 nasabah. Pengolahan data menggunakan analisis regresi berganda, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CRM yang terdiri dari sumberdaya manusia, proses, dan teknologi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Sedangkan secara parsial hanya teknologi yang memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah, sedangkan sumberdaya manusia dan proses memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Serta besarnya nilai koefisien determinasi adalah 92,6%, sisanya 7,4% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti yang mungkin mempengaruhi loyalitas nasabah.
Kata Kunci : CRM, sumberdaya manusia, proses, teknologi, dan loyalitas.
References
Eric Fang & Robert W. Palmatier & Kenneth R. Evans., (2007). Influence of customer participation on creating and sharing of new product value. Academy of Marketing Science 2007.
Firdani, Firman., Indira Rachmawati, dan Fajar Prabowo (2015). Pengaruh Customer Relationship Manajemen Terhadap Loyalitas Pelanggan Paket Data Telkomsel (Studi Kasus di Kota Bandung). Telkom University.
Gordon, Ian. (2002). Best Practices: Customer Relationship Management. Ivey Business Journal.
Gremler, D. D and Brown S. W, (1996). Service Loyalty : Its Nature, Importance, and Implication.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2012). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education, Inc.
Mashuri (2008). Penelitian Verifikatif. Edisi Pertama. Yogyakarta. Andi.
Mawarti, Jamilah, Nalarati., Dwi Irawati., dan Murry Hermawan Saputra (2015). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Kereta Api Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Payne, A. and Frow, P. (2005). A Strategic Framework for Customer Relationship Management. Journal of Marketing, Vol. 69, Issue. 4, pp. 167-176.
Ramani, G. and Kumar, V. (2008), Interaction Orientation and Firm Performance. Journal of Marketing, Vol. 72, Issue. 1, pp. 27-45.
Reinartz, W., Krafft, M. and Hoyer, W. (2004). The Customer Relationship Management Process: Its Measurement and Impact on Performance. Journal of Marketing Research, Vol. 41, Issue. 3, pp. 293-305.
Sin, L., Tse, A. and Yim, L. (2005). CRM : Conceptualization and Scale Development. European Journal of Marketing, Vol. 39, Issue. 11/12, pp. 1264-90.
Sjoberg, Amelie. (2013). Product innovation and the effect of CRM – a quantitative study. Master thesis, Business administration, Linnaeus University.
Taylor, S. A., and T. L. Baker., (1994). An Assesment of the Relationship between Service Quality and Customer Loyalty. Journal of Retailing.
Yelin, and Nguyen. (2011). Impact of customer relationship management on product innovation process. Master thesis. Business administration, Lulea Tekniska Universitet.
Copyright (c) 2020 JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tanggunjawab Penulis
- Penulis menyajikan artikel penelitian atau hasil pemikiran secara jelas, jujur, dan tanpa plagiarisme.
- Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip.
- Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas artikel yang telah ditulis.
- Penulis harus menulis artikel secara etis, jujur, dan bertanggungjawab, sesuai dengan peraturan penulisan ilmiah yang berlaku.
- Penulis tidak keberatan jika artikel mengalami penyuntingan tanpa mengubah substansi