Pengaruh Sistem Manajemen Mutu Terhadap Kinerja Operasional Di Pt Waskita Beton Precast

  • Miftakul Huda Universitas Pelita Bangsa
  • M Luthfi Syifaul Universitas Pelita Bangsa
Keywords: Sistem Manajemen Mutu, Kinerja Operasional

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh sistem manajemen mutu terhadap kinerja operasional perusahaan di PT. Waskita Beton Precast. Data penelitian diperoleh dari sampel 100 responden karyawan yang dipilih secara acak serta proporsional pada setiap unit kerja. Metode analisa yang digunakan dalam menguji hubungan antar konstruk laten sistem manajemen mutu terhadap kinerja operasional perusahaan adalah Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan program AMOS V.24. Hasil penelitian menemukan bahwa sistem manajemen mutu pada karyawan dipersepsikan sudah baik oleh karyawan. Hasil pengujian pada analisis full model, menunjukkan bahwa model secara keseluruhan memenuhi kriteria model fit. Keseluruhan indikator konstruk, yaitu fokus pada pelanggan, kepemimpinan, keterlibatan personel, pendekatan proses, pendekatan sistem terhadap menejemen, peningkatan berkesinambungan, pendekatan factual dalam mengambil keputusan, dan hubungan pemasok yang saling menguntungkan adalah valid dan reliabel dalam mengukur konstruk kinerja operasional perusahaan, serta pelanggan, tanggung jawab manajemen, realisasi produk, pengukuran analisa dan perbaikan adalah valid dan reliabel dalam mengukur konstruk pengaruh sistem manajemen mutu. Pengujian hipotesis menunjukkan hasil yang konsisten dengan kajian teoritis bahwa sistem manajemen mutu berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja operasional perusahaan.

References

Abdullah, M. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta : Penerbit Aswaja Pressindo
Dachlan, Usman. (2014). Panduan Lengkap Structural Equation Modeling. Lentera Ilmu. Semarang.
Dale, B. G., Ton Van Der Wiele dan Jos Iwarden. (2007). Managing Quality. John Wiley dan Sons. Oxford.
Gaspersz, Vincent. 2009. Total Quality Management (TQM). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Goetsch, David I., dan Stanley B. Davis. (2014). ”Quality Management for Organiztional Execellence. Pearson. New Jersey.
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang.
Gryna, F. M., Richard Chim Hai Chua dan Joseph A. DeFeo. (2007). Juran’s Quality Planning and Analysis for Enterprise Quality. New York.
Hair, J.F; W.C. Black; B.J. Babin; and R.E. Anderson (2010), Multivariate Data Analysis, 6th ed. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education, Inc.
Heizer, Jay dan Barry Render. (2011). Operation Management, 10th Edition. Pearson Prentice Hall.
Karimi, Yadollah, dan Sharifah Latifah S. A. K. (2012). “The Impact of Organizational Culture on The Implementational of TQM: Empirical Study in The Iranian Oil Company”. American Journal of Industrial and Bussiness Management, 2(04), 205.
Kim, D. Y., Kumar, V., dan U. Kumar, (2011). “A Performance Realization Framework for Implementing ISO 9000”. International Journal of Quality and Reliability Management, 28(4), 383-404.
Lakhal, Lassaad. (2014). “The Relationship Between ISO 9000 Certification, TQM Practices, and Organizational Performance”. The Quality Management Journal, 21(3), 38.
Mail, A., Praktikto P., Sudjito S., Purnomo P., dan Budi S. (2014). “Relationship Between Internal Quality Audit and Quality Culture Toward Implementation Consistency of ISO 9000 in Private College of Sulawesi Province, Indonesia”. International Education Studies, 7(9), p175.
Moeheriono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mulyadi. 2009. Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Perusahaan Berbasis Balanced Scorecard. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Perctakan STIM YKPN
Pangemanan, D. D. G. dan H. Tarore. (2013). “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 pada Perusahaan Kontraktor di Kota Manado”. Jurnal Ilmiah Media Engineering, 3(1).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.
Wibowo, 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Wirawan. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta. Penerbit: Salemba Empat.
Published
27-11-2019