PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA KONSUMEN TOKOPEDIA DI BANDUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian online di Kota Bandung. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah dengan metode accidental sampling. Data diperoleh dari 100 konsumen. Pengolahan data menggunakan analisis regresi, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online. Serta besarnya nilai koefisien determinasi adalah 79,9%, sisanya 20,1% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti yang mempengaruhi keputusan pembelian online.
References
Familmaleki, et al. 2015. Analyzing the Influence of Sales Promotion on Customer Purchasing Behavior. International Journal of Economics dan Management Sciences. Volume 4. Issue 4. ISSN : 2162-6359.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Edisi 5. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hoang. (2015). International Journal of Research in Finance and Marketing.
Khairunissa, Suharyano, dan Yulianto. 2017. Pengaruh Bauran Promosi, Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 46, No. 2, Mei 2017.
Kotler, P.dan Amstrong, G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Lovelock, C. and L. Wright. 2002. Principles of Service Marketing and Management, 2nd edition, Upper Saddle River; Pearson Education, Inc.
Lupiyoadi, Rambat, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta.
Nour, et al, 2014, The Impact of Promotional Mix Elements on Consumers Purchasing Decisions. CSCanada International Business and Management Journal. Vol. 8, No. 2, 2014, pp. 143-151.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta Bandung.
Tjiptono, F. 2009. Service Marketing: Esensi & Aplikasi. Penerbit Marknesis. Yogyakarta.
Windusara dan Kusuma. 2015. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian OPPO Smartphone. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 4, No. 12, 2015. ISSN : 2302-8912.
Tanggunjawab Penulis
- Penulis menyajikan artikel penelitian atau hasil pemikiran secara jelas, jujur, dan tanpa plagiarisme.
- Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip.
- Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas artikel yang telah ditulis.
- Penulis harus menulis artikel secara etis, jujur, dan bertanggungjawab, sesuai dengan peraturan penulisan ilmiah yang berlaku.
- Penulis tidak keberatan jika artikel mengalami penyuntingan tanpa mengubah substansi