PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA KONSUMEN TOKOPEDIA DI BANDUNG

  • Evan Jaelani sekolah tinggi ilmu ekonomi stan im
Keywords: Bauran promosi, keputusan pembelian online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian online di Kota Bandung. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah dengan metode accidental sampling. Data diperoleh dari 100 konsumen. Pengolahan data menggunakan analisis regresi, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online. Serta besarnya nilai koefisien determinasi adalah 79,9%, sisanya 20,1% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti yang mempengaruhi keputusan pembelian online.

References

Armstrong, Gary, and Kotler, Philip. 2008. Marketing an Introduction 6th Edition. Pearson Education Internasional, Prentice Hall, New Jersey.
Familmaleki, et al. 2015. Analyzing the Influence of Sales Promotion on Customer Purchasing Behavior. International Journal of Economics dan Management Sciences. Volume 4. Issue 4. ISSN : 2162-6359.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Edisi 5. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hoang. (2015). International Journal of Research in Finance and Marketing.
Khairunissa, Suharyano, dan Yulianto. 2017. Pengaruh Bauran Promosi, Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 46, No. 2, Mei 2017.
Kotler, P.dan Amstrong, G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Lovelock, C. and L. Wright. 2002. Principles of Service Marketing and Management, 2nd edition, Upper Saddle River; Pearson Education, Inc.
Lupiyoadi, Rambat, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta.
Nour, et al, 2014, The Impact of Promotional Mix Elements on Consumers Purchasing Decisions. CSCanada International Business and Management Journal. Vol. 8, No. 2, 2014, pp. 143-151.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta Bandung.
Tjiptono, F. 2009. Service Marketing: Esensi & Aplikasi. Penerbit Marknesis. Yogyakarta.
Windusara dan Kusuma. 2015. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian OPPO Smartphone. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 4, No. 12, 2015. ISSN : 2302-8912.
Published
01-11-2018