Membangun Pembelian Konsumen Ramah Lingkungan: Studi Tentang Dampak Green Marketing melalui Green Brand Image pada Pelanggan di Kota Bandung

  • Nurhayati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM
  • Ivan A.Setiawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM
  • Duma Soswati Ritonga Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM
  • Widji Anggraeni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM
Keywords: Green Marketing Mix, Green Brand Image, Keputusan Pembelian, Pemasaran Hijau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh green marketing mix terhadap keputusan pembelian konsumen, dengan green brand image berperan sebagai variabel mediasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif melalui metode survei. Data dikumpulkan dari 250 responden yang merupakan pengguna produk ramah lingkungan di Kota Bandung, menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan analisis jalur (path analysis) melalui regresi linier berganda pada dua model sub-struktur.Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap elemen green marketing mix berpengaruh signifikan terhadap green brand image. Selanjutnya, green brand image juga terbukti memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Analisis mediasi mengonfirmasi bahwa green brand image memainkan peran penting sebagai variabel penghubung dalam hubungan antara green marketing mix dan keputusan pembelian, baik dalam mediasi parsial maupun penuh. Secara keseluruhan, temuan ini menegaskan bahwa penguatan green marketing mix—melalui strategi produk, harga, promosi, dan distribusi yang berorientasi pada keberlanjutan—berkontribusi pada pembentukan green brand image yang positif. Citra merek yang kuat tersebut pada akhirnya meningkatkan kecenderungan konsumen untuk mengambil keputusan pembelian terhadap produk ramah lingkungan.

References

Agustin, A. N. N., Fitriadi, B. W., & Pauzy, D. M. (2025). Pengaruh Produk Green Marketing Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Starbucks HZ Tasikmalaya). Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial Politik, 2(4), 1201–1218.

Desanto, T. M. J., Mandey, S. L., & Soepeno, D. (2018). Analisis Pengaruh Green Marketing dan Corporate Social Responsibility Terhadap Keputusan Pembelian dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening pada Konsumen Produk Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Aqua di Kota Manado". Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 1898–1907.

Dewi, K. A. A., & Aksari, N. M. A. (2017). Peran Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Produk Oriflame Di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(11), 251511.

Evelin Novita Sari Ompusunggu. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Green Marketing dalam Meningkatkan Brand Image Perusahaan (Studi kasus Gentle Gen : Deterjen Tumbuhan). INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 14841–14852.

Fitria, E. R., Yuliati, N., & Laily, D. W. (2023). Analisis Pengaruh Green Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Minuman Kopi Melalui Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Agroteksos, 33(3), 781. https://doi.org/10.29303/agroteksos.v33i3.940

Genoveva, G., & Berliana, W. (2021). Pengaruh Green Marketing Mix terhadap Brand Image Produk Tupperware. Journal of Management and Business Review, 18(1), 60–76. https://doi.org/10.34149/jmbr.v18i1.218

Guspul, A. (2018). Pengaruh Strategi Green Marketing Pada Bauran Pemasaran Dan Citra Merk Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Herbalife (Studi Kasus Pada Club Sehatway Di Wonosobo). Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 5(1), 107–122. https://doi.org/10.32699/ppkm.v5i1.455

Karina, D., Alfiyatus Sa’diyah, S., Nabilah, H., & Panorama, M. (2021). Pengaruh Perusahaan Startup Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Selama Pandemi Covid-19. Berajah Journal, 2(1), 156–166. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.69

Krivorotov, V., Kalina, A., Tretyakov, V., Yerypalov, S., & Oykher, A. (2020). Assessment and improvement of competitiveness of industrial complex. Competitiveness Review, 30(5), 611–633. https://doi.org/10.1108/CR-01-2019-0011

Rahmadini, I. (2025). Pengaruh Green Marketing, Kesadaran Lingkungan, dan Brand Image, terhadap Keputusan Pembelian Produk Avoskin pada Generasi Z di Pekanbaru. Nisrina, F., & Noegroho, A. D. (2025). Pengaruh Green Marketing Dan Environmental Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening Pada Brand Avoskin. Majalah Ekonomi Dan Bisnis, 21(01), 45–61.

RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 4(3), 4681–4687. https://doi.org/10.31004/riggs.v4i3.2679

Syuhada, R. (2017). Pengaruh Consumer Knowledge, Brand Image Dan Green Marketing Mix Pada Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Bandar Lampung. BMC Public Health, 5(1), 1–8. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/298%0Ahttp://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.10.005%0Ahttp://www.biomedcentral.com/14712458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P

Tobing, K. N. L. (2021). Analisis Pengaruh Green Marketing Mix, Green Brand Equity, Green Satisfaction dan Green Trust terhadap Brand Image (Studi Kasus pada Konsumen Starbucks Coffe Indonesia). Repository Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, 1(1), 1.

Wibowo, E. C., Suarta, I. K., & Septevany, E. (2022). Dampak Green Marketing Mix dan Brand Image Terhadap Brand Loyalty pada Pengguna OTA Traveloka ( Studi Kasus Di Kota Denpasar ) Pendahuluan. http://repository.pnb.ac.id/4601/%0Ahttp://repository.pnb.ac.id/4601/2/RAMA_93303_2115854023_0026098907-part.pdf

Yulianti, N. M. D. R. (2020). Pengaruh Brand Image, Green Marketing Strategy, Dan Emotional Desire Terhadap Keputusan Pembelian ProdukMcdonald’s. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, Volome 5,(1), 69–79.

Published
25-11-2025