PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA KONSUMEN PRODUK “X” DI BANDUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai pengaruh celebrity endorsement terhadap keputusan pembelian online produk “X” di Kota Bandung. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah dengan metode accidental sampling. Data diperoleh dari 97 konsumen. Pengolahan data menggunakan analisis regresi, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorsement berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian online. Serta besarnya nilai koefisien determinasi adalah 82,3%, sisanya 17,7% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti yang mungkin mempengaruhi keputusan pembelian online.
References
Faizan, Aklis. 2014. Pengaruh Kreativitas Iklan dan Endorser Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Mie Sedap. Manajemen Analisis Jurnal 3 (2).
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Edisi 5. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gupta, Tarun. 2014. Impact of Celebrity Endorsement on Purchase Decision : A Study Among Youth of Bareilly. IJMRR. Vol.4 Issue 11. Article No.3.
Ifeanyichukwu, Chioma. 2016. Effect of Celebrity Endorsements on Consumer Purchase Decision in Nigeria. International Research Journal of Management, IT, & Social Sciences (IRJMIS). Vol.3 Issues 9. Pages 103-110.
Khan, Afsheen.dan Lodhi Samreen. 2016. Influence of Celebrity Endorsement on Consumer Purchase Decision. Imperial Journal of Interdiciplinary Research. Vol.2, Issue-1.
Kotler, P.dan Amstrong, G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta Bandung.
Tjiptono, F. 2009. Service Marketing: Esensi & Aplikasi. Penerbit Marknesis. Yogyakarta.
Tanggunjawab Penulis
- Penulis menyajikan artikel penelitian atau hasil pemikiran secara jelas, jujur, dan tanpa plagiarisme.
- Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip.
- Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas artikel yang telah ditulis.
- Penulis harus menulis artikel secara etis, jujur, dan bertanggungjawab, sesuai dengan peraturan penulisan ilmiah yang berlaku.
- Penulis tidak keberatan jika artikel mengalami penyuntingan tanpa mengubah substansi