Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian di PT Bersama Zatta Jaya Tbk Bandung
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah fluktuasi penjualan pada pelanggan PT Bersama Zatta Jaya Tbk Bandung dua tahun berturut-turut pada rentang 2019-2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Digital Marketing dan Brand Awarenes terhadap Keputusan Pembelian baik secara parsial maupun simultan di PT Bersama Zatta Jaya Tbk Bandung. Objek penelitian adalah pelanggan PT Bersama Zatta Jaya Tbk Bandung. Adapun jenis penelitiannya yaitu kuantitatif asosiatif dengan jenis data primer dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, studi pustaka dan kuesioner. Sedangkan teknik pengambilan sampelnya adalah probability sampling dengan jenis sampel simple random sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara digital marketing terhadap keputusan pembelian sebesar 47,2% untuk uji R2 dengan hasil uji t dimana nilai thitung > ttabel (9,361 > 1,290). H1 diterima, terdapat pengaruh signifikan antara brand awareness terhadap keputusan pembelian sebesar 54,4% untuk uji R 2 dengan hasil uji t dimana thitung > ttabel (10,815 > 1,290) artinya H1 diterima, Serta secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara digital marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian di PT Bersama Zatta Jaya Tbk Bandung sebesar 60,2% untuk uji R2 dengan hasil uji F dimana nilai Fhitung>Ftabel 73,502 > 2,14
References
APJII. (2024). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. 7 Februari 2024. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang
Effendi., M. (2016). Psikologi Konsumen. PT Rajagrafindo Persada.
F. Chaffey, D., & Ellis-Chadwick. (2016). Digital Marketing: Strategy, Implementation and practice (6th ed.). Pearson.
H, A.A., Yulistiawati, T., & Dimyati, D. (2024). Pengaruh Marketing Mixdan Self Service Technology terhadap Loyalitas Nasabah Asuransi Salam Hijrah Amanah. Dimamu, 3(2), 169–176. https://jurnal.masoemuniversity.ac.id/index.php/dimamu/article/view/958/638
Kotler, P., Keller, K., Brady, M., & Goodman, M. (2019). Marketing Management 4th European Edition. Pearson.
Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Mitra Wacana Media.
Miradji, M. A., Vercelly, W. A. S., & Dkk. (2024). Inovasi dalam Manajemen Strategi : “Membangun Keunggulan Kompetitif Bisnis di Era Digital.” Jamanis, 2(1), 28–38. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jamanis/article/view/8913/5515
Nur’aeni, N., & Miftahulhidaya, S. (2019). PENGARUH PENGETAHUAN, KEMAMPUAN DAN PENGALAM KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI BANK RAKYAT INDONESIA SYARIAH KANTOR CABANG BANDUNG SUNIARAJA. Jurnal MAPS (Manajemen Perbankan Syariah), 3(2).
Rahman, F. (1994). Alih Bahasa: Ahsin Muhammad. Pustaka.
Rakhman, F., & Amalia, S. D. (2023). Pengaruh Persepsi Nasabah dan Tingkat Margin terhadap Keputusan Nasabah Pembiayaan Murabahah. Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah), 6(2), 153–158.
Riskyawan, & Ervianty, R. M. (2019). The Use of Digital Marketing Communication Media as a Tool to Achieve Brand Awareness of Kitchenindo Products. TIJAB (The Int. J. Appl. Business), 3(1), 59–72. https://doi.org/10.20473/tijab.v3.i1
Samantha, R., & Almalik, D. (2019). Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Pada Tokopedia. 3(2), 58–66.
Silalahi, I. V., & Reza, F. (2023). Peran Sosial Media dalam Perkembangan Pemasaran Digital: A Systematic Literature Review. Dimamu, 3(1), 97–111. https://jurnal.masoemuniversity.ac.id/index.php/dimamu/article/view/868/589
Siregar, M. F. A., & Kurniawati. (2024). Pengaruh Pemasaran Media Sosial Terhadap Kesadaran Merek dan Akuisisi Konsumen Merek Makanan Cepat Saji Pada Generasi Y dan Z di Jakarta. Ekon. Trisakti, 4(1), 57–68.
Wazdi, A. I., & Aulia, R. (2022). Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi,Risiko dan Handling Complaint terhadap Minat Nasabah dalam Menggunakan Internet Banking di Bank BSI KCSuniaraja Bandung. Dimamu, 1(3), 285–294. https://jurnal.masoemuniversity.ac.id/index.php/dimamu/article/view/593/393
Copyright (c) 2024 JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tanggunjawab Penulis
- Penulis menyajikan artikel penelitian atau hasil pemikiran secara jelas, jujur, dan tanpa plagiarisme.
- Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip.
- Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas artikel yang telah ditulis.
- Penulis harus menulis artikel secara etis, jujur, dan bertanggungjawab, sesuai dengan peraturan penulisan ilmiah yang berlaku.
- Penulis tidak keberatan jika artikel mengalami penyuntingan tanpa mengubah substansi