Pengaruh Brand Awareness dan Brand Trust terhadap Brand Loyalty pada Produk Dana Pensiun Lembaga Keuangan di Bank BJB Kantor Cabang Majalaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana pengaruh brand awareness dan brand trust terhadap brand loyalty pada produk DPLK di bank BJB Kantor Cabang Majalaya baik secara parsial maupun simultan. Objek penelitian pada laporan ini adalah nasabah pada produk DPLK di Bank BJB Kantor Cabang Majalaya. Adapun jenis penelitiannya adalah kuantitatif asosiatif dengan jenis data primer dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa obeservasi, wawancara, kuesioner, dan studi Pustaka. Sedangkan teknik pengambilan sampelnya adalah Non Probability Sampling dengan jenis sampel Purposive sampling. Populasinya yaitu seluruh nasabah DPLK di Bank BJB Kantor Cabang Majalaya yang berjumlah 131 orang dengan sampel berjumlah 57 orang. Hasil penelitian menunujukkan bahwa terdapat pengaruh yang signfikan antara Brand Awareness terhadap Brand Loyalty di Bank BJB Kantor Cabang Majalaya dengan hasil uji t dimana nilai thitung > ttabel (4.500 > 1.673) sebesar 26,9%, terdapat pengaruh yang signfikan antara Brand trust terhadap Brand Loyalty di Bank BJB Kantor Cabang Majalaya dengan hasil uji t dimana nilai thitung > ttabel (7,538 > 1.673) sebesar 50,8%, serta secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara brand awareness dan brand trust terhadap brand loyalty pada produk DPLK di Bank BJB Kantor Cabang Majalaya dengan hasil uji F dimana nilai Fhitung > Ftabel (28,082 > 240) sebesar 51%.
References
Alhadad, A. (2015). A Structural Model Of Relationships between Brand Image, Brand Trust and Brand Loyalty. Int. J. Manag. Res. Rev, 5(3).
G. Ginanjar. (2018). Strategi Pemasaran Dana Pensiun Lembaga Keuangan (bjb dplk) Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (persero) Tbk. Kantor Cabang Singaparna 4.
L., J., & Lee, H. (2013). Does Satisfaction Affect Brand Loyalty?,”. Acad. Mark. Stud. J, 17(2), 20–38.
Latifah, I. I., Rapida, I., & Mintarsih, M. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Komitmen dan Syariah Compliance terhadap Loyalitas Nasabah Pembiayaan Multijasa dengan Akad Ijarah di PT BPRS HIK Parahyangan Bandung. J. Dimamu, 1(2), 170–179.
M. N. R. AL Arif. (2012). Lembaga Keuangan Syariah. CV Pustaka Setia.
Mu’minin, A. M. (2010). Pengaruh Brand Image Dan Perceived Quality Terhadap Niat Mendaftar Ulang (Refurchase Intention) Siswa Sma Al Ma’soem Ke AMIK AL MA’SOEM. MAPS, 1(1).
P., P. J., & Jerry, O. (2010). Consumer Behavor And Marketing Strategy 9 Th E.
Putra, M. N. H., F, & Ryandono. (2017). Pengaruh Perkembangan Bank Umum Syariah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Periode 2010-2015. J. Ekon. Syariah Dan Terap, 4(12), 952.
S., & Sodik. (2015). Dasar Metode Penelitian Yogyakarta. Literasi Media Publising.
Copyright (c) 2024 JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tanggunjawab Penulis
- Penulis menyajikan artikel penelitian atau hasil pemikiran secara jelas, jujur, dan tanpa plagiarisme.
- Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip.
- Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas artikel yang telah ditulis.
- Penulis harus menulis artikel secara etis, jujur, dan bertanggungjawab, sesuai dengan peraturan penulisan ilmiah yang berlaku.
- Penulis tidak keberatan jika artikel mengalami penyuntingan tanpa mengubah substansi