Peran Mediasi Brand Image pada Pengaruh Biaya terhadap Keputusan Pembelian
Abstract
Studi ini bertujuan untuk memahami peran brand image sebagai mediator yang memperkuat dampak biaya pada keputusan pembelian. Sebanyak 252 mahasiswa dari STMIK-IM dan STIE STAN-IM, yang merupakan bagian dari populasi penelitian, dipilih secara acak sebagai responden. Data primer yang dikumpulkan melalui survei kuesioner dianalisis menggunakan metode deskriptif dan verifikatif, yang mengonfirmasi adanya pengaruh signifikan dari biaya dan motivasi terhadap keputusan pembelian.”Brand Image memediasi pengaruh biaya terhadap keputusan pembelian. Pada penelitian ini juga menujukkan pengaruh langsung brand image terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh tidak langsung biaya terhadap keputusan pembelian melalui brand image dan hasilnya variabel brand image dapat memediasi biaya terhadap keputusan pembelian/memilih. Penelitian ini memberikan sumbangan teoritis dalam memperkaya literatur tentang biaya , brand image, dan keputusan pembelian di Perguruan Tinggi Indonesia Mandiri.
References
Abidin, F., Arifin, Z., & Yulianto, E. (2017). Pengaruh Service Marketing Mix ( Bauran Pemasara Jasa ) Terhdap citra Merek dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian ( Survei kepada Pengguna Armada Bus Pariwisata PO . Anto Wijaya Tour Ponorogo ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 44(1), 47–53.
Aisyah Solehati. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Kepada Keputusan Mahasiswa Untuk Kuliah Di Politeknik LP3I Bandung). ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 4(1), 1–9. https://doi.org/10.38204/atrabis.v4i1.289
Ali, M., & Abdul Rehman Professor, C. (2016). IMPACT OF CONSUMER CENTRIC MARKETING MIX ELEMENTS ON CONSUMER BUYING BEHAVIOR; AN EMPIRICAL INVESTIGATION IN CONTEXT OF FMCG INDUSTRY OF PAKISTAN. In Arabian Journal of Business and Management Review (Vol. 5, Issue 5).
Basu Swasta, H. H. (2015). Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. BPFE.
Hadi, D. L., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2015). PENGARUH SERVICE MARKETING MIX (BAURAN PEMASARAN JASA) TERHADAP CITRA MEREK DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Peserta Lembaga Kursus dan Pelatihan Royal English TOEFL & TOEIC Center Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 24(1Juli2015), 1–8.
Kar. (2011). 4 Cs of Marketing - The Marketing Mix. Retrieved from Business Fundas.
Keller, K. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Kotler & Keller. (2009). Pengertian Kemasan. In Manajemen Pemasaran.
Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Alfabeta.
Olson, P. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (Diah Tamari Dwiandani (ed.); Sembilan). Salemba Empat.
S, A. (2015). Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo. Persada.
Sangaji. (2013). Perilaku Konsumen. Penerbit Andi.
Stylianau. (2013). Lauterborn’s 4C’s. The Marketing Mix. Smart Farmer.
Wulandari, S. E., Fauzi, A., & Lubis, A. N. (2019). Pengaruh Brand Image, Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Di Politeknik Lp3I Medan Kampus Medan Baru. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 16(2). https://doi.org/10.34001/jdeb.v16i2.971
Copyright (c) 2024 JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Tanggunjawab Penulis
- Penulis menyajikan artikel penelitian atau hasil pemikiran secara jelas, jujur, dan tanpa plagiarisme.
- Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip.
- Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas artikel yang telah ditulis.
- Penulis harus menulis artikel secara etis, jujur, dan bertanggungjawab, sesuai dengan peraturan penulisan ilmiah yang berlaku.
- Penulis tidak keberatan jika artikel mengalami penyuntingan tanpa mengubah substansi