ANALISIS FAKTOR KEPUASAN KERJA DAN PENGARUHNYA TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN
STUDI PADA PT. X BANDUNG
Abstract
Turnover karyawan merupakan masalah yang sering dihadapi oleh organisasi bisnis, khususnya sektor privat. Turnover dapat berupa pengunduran diri, perpindahan keluar unit organisasi, pemberhentian, atau kematian anggota. Turnover berlebih merupakan hal yang tidak dikehendaki oleh perusahaan, karena dapat merugikan perusahaan dilihat dari segi biaya, sumber daya maupun motivasi karyawan yang bertahan pada perusahaan. Dilihat dari perspektif psikologi, turnover dapat dipahami sebagai suatu sikap yang dapat diukur dan diproksi oleh turnover intention, yaitu kecenderungan atau niat karyawan untuk berhenti bekerja dari pekerjaannnya.
Penelitian ini mencoba memahami turnover intention berdasarkan aspek sikap lain yaitu kepuasan kerja. Secara umum, kepuasan kerja tersusun atas dimensi-dimensi gaji, kondisi pekerjaan, promosi, supervisi, dan rekan kerja. Lebih dari 40 tahun dimensi-dimensi tersebut dipahami, diukur, dan umumnya diterima oleh peneliti. Beberapa variasi terjadi melalui penambahan dimensi. Persoalan mendasar yang layak apakah kelima dimensi tersebut masih relevan mengingat perjalanan waktu dan perbedaan kondisi subjek maupun lingkungan yang diteliti.
Penelitian ini mengkaji ulang keberadaan lima dimensi kepuasan kerja dengan menggunakan teknik analisis faktor serta menghubungkannya dengan keluaran penting organisasi yaitu turnover intention.
Subjek adalah 60 responden yang bekerja pada industri food and beverage. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kepuasan kerja tersusun atas enam dimensi yaitu gaji, supervisi, promosi, lingkungan non-fisik, kondisi pekerjaan, dan rekan kerja. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa dimensi gaji dan supervisi berpengaruh negatif terhadap turnover intention. Dimensi-dimensi lainnya mencakup promosi, lingkungan non-fisik, kondisi pekerjaan, dan rekan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap turnover intention.
References
Andriyani Prawitasari, dalam Faktor-faktor yang Mempengaruhi Turnover Intention Karyawan pada PT. Mandiri Tunas Finance Bengkulu. Jurnal ekombis review, Vol 4 No 2, pp. 177-186. 2016.
Anwar Govand, Inji Shukur. Job Satisfaction and Employee Turnover Intention: A Case Study of Private Hospital, dalam Erbil International Journal of Social Sciences & Educational Studies. Vol.2, No.1, 2015.
Anwar Prabu Mangkunegara, dalam Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2015.
Brama Kumbara. Pengaruh Kepuasan Kerja, Kompensasi dan Pengembangan Karir terhadap Turnover Intention Karyawan Bank Syariah Mandiri Cabang Padang, dalam Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi , Vol. 7, No. 1. 2018.
Chockalingam Viswesvaran, Satish P. Deshpande, Jacob Joseph, dalam Job Satisfaction as a Function of Top Management Support for Ethical Behavior: A Study of Indian Managers. Journal of Business Ethics, Vol. 17 No. 4, pp. 365-371. 1998.
D.S. Chaubey, Nidhi Maithel, and Vishal Gupta. Measuring Employees Turnover Intention: An Empirical Study, dalam Zenith International Journal of Business Economics & Management Research, Vol.3 Iss. 7, pp-12-22. 2013.
Desi Mandasari, Hery H Azwir, dalam Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan di Tingkat Produksi Pada PT. X Indonesia. 2014.
Iqra Saeed, Momina Waseem, Sidra Sikander, Muhammad Rizwan, dalam The relationship of Turnover intention with job satisfaction, job performance, Leader member exchange, Emotional intelligence and organizational commitment. International Journal of Learning & Development ISSN 2164-4063. 2014.
Irnanti Anindya, Nyoman Ariana, Agus Muriawan Putra, dalam Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan The Legian Bali Hotel. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas Vol. 1, No. 1. 2017.
Ivan A. Setiawan, Imam Ghozali, dalam Akuntasi Keprilakuan. Semarang: Badan Penerbit Universitasi Diponegoro. 2011.
Mahardika Putra, Artha Wibawa, dalam Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Intervening Pada PT. Auto Bagus Rent Car Bali. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No. 4. 2015.
Mangisi Sitorus, dalam Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Komitmen Organisasi terhadap Turnover Intention (Studi Pada Hotel Ratu mayang Garden Pekanbaru). JOM FISIP Vol. 4 No. 2. 2017.
Mardi Widyadmono, dalam Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Turnover Intention (Studi Pada Accounting Staff Perusahaan Swasta di DIY). Jurnal Manajemen Indonesia Vol. 15 No.2. 2015.
Muhammad Muzammil Ghayas, Siraj Jamal Siddiqui. Impact of Job Satisfaction on Turnover Intentions in the Pharmaceutical Industry of Karachi, dalam South Asian Journal of Management Sciences, Vol. 6, No. 2, pp. 47-54. 2012.
Ni Wayan Tarita Ningsih, Komang Ardana, dalam Analisis Faktor-Faktor yang Mentukan Kepuasan Kerja Karyawan Lembaga Perkreditan di Kecamatan Tegallalang. E-Journal Manajemen Udayana. Vol 2 No 5, pp. 567-580. 2013.
Nyoman Sunariani, Ade Deniartha, dalam Peran Kepemimpinan, Komitmen Organisasi, Turnover Intention, Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan LPD Desa Adat Tanjung Benoa-Badung. Jurnal Manajemen dan Bisnis ISSN : 1892-8486, Vol. 13 No. 3. 2016.
Orchita Puspasari, Rini Nugraheni, dalam Analisis Pengaruh Kompensasi, Komitmen Organisasional, Dan Kepemimpinan terhadap Turnover Intention. Diponegoro Journal of Management. Vol. 5 No. 4. 2016.
Permata Sari, Ella Jauvani Sagala, dalam Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Kasus: PT. Wilmar Nabati Indonesia). e-Proceeding of Management: Vol.3. 2016.
Purnama Dewi, Artha Wibawa. Pengaruh Stres Kerja Pada Turnover Intention yang Dimediasi Kepuasan Kerja Agen AJB Bumi Putera 1912, dalam E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No. 6. 2016.
Purnama Putra, Wayan Mujiati, dalam Pengaruh Kompetensi, Kompensasi Finansial dan Motivasi Kerja Pada Kepuasan Kerja Karyawan Intensitas Turnover Karyawan. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No. 1. 2016.
Randi Saputra, dalam Pengaruh Konflik Kerja dan Jaminan Sosial Terhadap Turnover Intention Melalui Kepuasan kerja Karyawan Bagian Produksi PT. Riau Crumb Rubber Factory Kota Pekanbaru. JOM Fekon, Vol.4 No.2. 2017
Rohani Salleh, Mishaliny Sivadahasan Nair, Haryanni Harun, dalam Job Satisfaction, Organizational Commitment, and Turnover Intention: A Case Study on Employees of a Retail Company in Malaysia. International Scholarly and Scientific Research & Innovation, Vol. 6 No. 12, pp. 3429-3436. 2012.
Sedarmayanti, dalam Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Jakarta: Mandar Maju. 2001.
Singgih Santoso, dalam Statistik Multivariat dengan SPSS. Jakarta : PT Elex Media Komputindo. 2017.
Stephen P. Robbins, Timothy A. Judge, dalam Perilaku Organisasi Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat. 2008.
Stephen P. Robbins, Timothy A. Judge, dalam Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat. 2015.
Titis Satwari, Mochammad Al Musadieq, Tri Wulida, Afrianty, dalam Pengaruh Komitmen Organisasional Terhadap Turnover Intention (Survei pada Karyawan Hotel Swiss-Belinn Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 40 No. 2. 2016.
Xianyin Lee, Boxu Yang, and Wendong Li. The Influence Factors of Job Satisfaction and Its Relationship with Turnover Intention: Taking Early-Career Employees as an Example, dalam Anales de PsicologĂa, Vol. 33, No. 3, pp. 697-707. 2017.
Tanggunjawab Penulis
- Penulis menyajikan artikel penelitian atau hasil pemikiran secara jelas, jujur, dan tanpa plagiarisme.
- Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip.
- Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas artikel yang telah ditulis.
- Penulis harus menulis artikel secara etis, jujur, dan bertanggungjawab, sesuai dengan peraturan penulisan ilmiah yang berlaku.
- Penulis tidak keberatan jika artikel mengalami penyuntingan tanpa mengubah substansi