Pengaruh Supply Chain Management (SCM) terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Seller Lazada di Kabupaten Cirebon Kecamatan Kaliwedi)

  • Syahrudin Universitas Pelita Bangsa
  • Miftakul Huda Universitas Pelita Bangsa
Keywords: Supply chain management, Keunggulan bersaing, Kinerja perusahaan

Abstract

Persaingan global menjadi sangat penting untuk memaksimalkan kinerja perusahaan, dari segi ekternal atau internal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh supply chain management terhadap kinerja perusahaan melalui keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi studi pada kasus seller lazada di kabupaten cirebon kecamatan kaliwedi. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh yaitu 180 responden yang menjadi mitra ninja ekspress di kabupaten cirebon kecamatan kaliwedi. Untuk menganalisis data yaitu menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan model persamaan struktural (SEM) dengan IBM Statistics AMOS. Hasil penelitian ini yaitu (1) Dampak positif dari manajemen rantai pasokan pada keunggulan bersaing adalah signifikan. (2) Dampak positif signifikan dari supply chain management terhadap kinerja perusahaan.(3) Dampak positif tidak signifikan dari keunggulan bersaing terhadap kinerja perusahaan. (4) Dampak positif tidak signifikan dari supply chain management terhadap kinerja perusahaan melalui keunggulan bersaing sebagai mediasi.

References

Alihar, F. (2018). Pengaruh supply chain management dan keunggulan bersaing terhadap kinerja perusahaan. Business Accounting Review, 66(3), 1–14. https://www.fairportlibrary.org/images/files/RenovationProject/Concept_cost_estimate_accepted_031914.pdf

Ariani, D., & Dwiyanto, B. M. (2013). Analisis pengaruh supply chain management terhadap kinerja perusahaan (Studi Pada Industri Kecil dan Menengah Makanan Olahan Khas Padang Sumatera Barat). Diponegoro Journal of Management, 10(2), 132–141. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/djom

Arrias, J. C., Alvarado, D., & Calderón, M. (2019). Pengaruh Supply Chain Management (SCM) Terhadap Kinerja Perusahaan dan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada UKM Tenun di Desa Gamplong Gamplong Sumber Rahayu Moyudan Sleman, Yogyakarta). Business Accounting Review, 5(6), 5–10.

Astari, ni made metta, Suciptawati, ni luh putu, & Sukarsa, komang gde. (2014). Penerapan metode bootstrap residual dalam mengatasi bias pada penduga parameter analisis regresi. E-Jurnal Matematika, 3(4), 130–137. https://doi.org/10.24843/MTK.2014.v03.i04.p075

Bentler, T, W. Y. &, & Zhu. (n.d.). bootstrap mode.

Gilang Prasidya Jati, S. (2015). Pengaruh Keunggulan Bersaing Melalui Kinerja Bisnis (Studi Kasus Warung Makan di Wilayah Tlogosari Semarang). Diponegoro Journal of Management, 4(1), 1–15. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/13019/0

Haryono, Si. (2017). Metode SEM untuk Penelitian Manajemen : AMOS, LISREL & PLS.

Hidayat, S. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Bisnis Online Shop (Baju Anak-Anak) di Kota Serang. Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 3(2), 164–181. https://doi.org/10.24090/mabsya.v3i2.5148

Kristianto, Y. (2015). Analisa Pengaruh Supply Chain Management terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan Manufaktur di Jawa Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 4(2), 1–19. http://repository.ubaya.ac.id/25161/

Li, S., Ragu-Nathan, B., Ragu-Nathan, T. S., & Subba Rao, S. (2006). The impact of supply chain management practices on competitive advantage and organizational performance. The International Jurnal of Management Science (Omega), 34(2), 107–124. https://doi.org/10.1016/j.omega.2004.08.002

Philip, K., Maulana, A., Sabran, B., Barnadi, D., Hardani, W., & Gary, A. (2008). Principles of marketing (prinsip-prinsip pemasaran).

Suharto, R., & Devie. (2013). Analisa pengaruh supply chain management terhadap keunggulan bersaing dan kinerja perusahaan. Business Accounting Review, 1(2), 1–10. https://www.neliti.com/publications/184212/analisa-pengaruh-supply-chain-management-terhadap-keunggulan-bersaing-dan-kinerj

Taufik, T., & Ayuningtyas, eka avianti. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap bisnis dan eksistensi platform online (The Impact of Covid-19 Pandemic on Business and Online Platform Existance). Jurnal PEengembangan Wiraswasta, 22(01), 21–32. https://doi.org/10.33370/jpw.v22i1389

Uma Sekaran, & Yon, K. M. (2006). Research methods for busines metodologi penelitian untuk bisnis.

William J, Choung, dan S. C., & Stevenson. (2014). Manajemen Operasi Prespektif ASIA.

Wulandari, Sari, R. N., & L, al azhar. (2016). Pengaruh Supply Chain Management terhadap Kinerja Perusahaan melalui Keunggulan Bersaing. Jurnal Ekonomi, 21(03), 462–479.

Published
24-10-2023