Pengaruh Beauty Vlogger, Citra Merek Dan Label Halal Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Wardah

  • Nur Hidayati Universitas Pelita Bangsa
  • Linda Yuliandani Universitas Pelita Bangsa
Keywords: Beauty Vlogger, Citra Merek, Label Halal, Minat Beli

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi menyebatkan terjadinya value migration dari penggunaan surat sebagai sarana telekomunikasi fisik ke telekomunikasi digital. Kemunculan beauty vlogger akan memberikan pengaruh pada industri kecantikan, baik untuk perusahaan penghasil produk kecantikan, beauty vlogger itu sendiri, dan mempengaruhi minat beli konsumen. Kosmetik merek lokal masih menjadi raja dinegeri sendiri. Peneliti merumuskan masalah  sebagai berikut : 1) Apakah  beauty vlogger dapat mempengaruhi terhadap minat beli produk kosmetik wardah? 2) Apakah citra merek dapat mempengaruhi terhadap minat beli produk kosmetik wardah? 3) Apakah label halal dapat mempengaruhi terhadap minat beli produk kosmetik wardah?.

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menggunakan data kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah  probability sampling dengan metode purposive sampling. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien determinasi, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t. Banyaknya populasi penelitian adalah mahasiswi FEBIS Universitas Pelita bangsa angkatan tahun 2016 sebanyak 788 orang, sampel yang digunakan sebesar 89 orang.

Hasil pengujian menggunakan uji t sebagai berikut: Beauty Vlogger berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Beli dengan nilai thitung>ttabel (2,134>1,662). Citra Merek berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Beli dengan nilai nilai thitung>ttabel (2,906>1,622). Lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Beli dengan nilai nilai thitung>ttabel (2,159>1,622). Untuk meningkatkan minat beli produk kosmetik wardah adalah dengan bergerak lebih cepat ke arah komunikasi digital (youtube) yang direview oleh beauty vlogger, citra merek yang baik dan diyakini kekhalalannya secara aman.

References

Abdurrahman, N.H. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung : Pustaka Setia
Adriyati, R. & Indriani, F. 2017. Pengaruh Electronic of Mouth terhadap Citra Merek dan Minat Beli pada Produk Kosmetik Wardah. Diponegoro joutnal of manage-ment, Vol. 6, no. 4. Hal 1-14
Anggraeni, D.R., Pangestuti, E., & Devita, R.D.L. 2018. Pengaruh Endorsement Beauty Vlogger terhadap Minat Beli Make Up Brand Lokal. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 60, no.1
Apjii. 2016. Hasil Survei Pengguna Internet
Bulan, L.P.T, Fazrin, K & Rizal, M. 2017. Pengaruh Label Halal dan Bonus dalam Kemasan terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kinder Joy pada Masyarakat Kota Langsa. Jurnal Manajemen Keuangan, Vol. 6, No. 2
D.P, Wida.PN & Suartana, W.I. 2014. Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kepem-impinan Institusional Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, hal 575-590, ISSN: 2302-8556
Dewi, P.S. 2012. Pengaruh Pengendalian Internal dan Gaya Kepepmimpinan Terhadap Kinerja Karyawan SPBU. Jurnal Nominal, Vol 1, Nomor 1
Febriana, M. & Yulianto, E. 2018. Pengaruh Online Consumer Review oleh Beauty Vlogger terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 58, no.1
Halalmui. 2019. Informasi Halal
Husna, R & Dirgantara, B.M.I. 2018. Analisis Pengaruh electronic Word of Mouth di Media Sosial Youtube terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Sariayu. Diponegoro Journal of Management, Vol.7, no.3
Kurniawati, D. & Arifin, N. 2015. Strategi Pemasaran melalui Media Sosial dan Minat Beli Mahasiswa. Jurnal Simbolika Vol. 1, no.2
Nuraina, Dewi. 2012. Pengaruh Kepemilikan Institusional dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Hutang dan Nilai Perusahaan. Jurnal Akutansi, hal 51-70, e-ISSN: 2502-6380
Onigbinde dan Odunlami. 2015. The Influnce Brand Image and Promotional Mix On Consumer Buying Decision. British Journal of Marketing Studies, Vol. 3, No. 4, pp 97-109
Paragon-innovation. 2019. The History Of Paragon
Permana, D.H. 2017. Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Ekonomi Akuntansi Manajemen Pelita Ilmu, Vol.11, no.2
Prabawa, A.L. 2015. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Inovasi, Kepemimpinan dan Kinerja Perusahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Vol.3. no, 1
Setiyani & Rediana. 2010. Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pen-didikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, Vol. V, no. 2, hal 117-133
Sinaga, M.E.R. & Kusumawati, A. 2018. Pengaruh Youtube Beauty Vlogger terhadap Minat Beli Konsumen dan Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 63, No. 1
Situmorang, R. J. 2012. Pemanfaatan Intenet sebagai New Media dalam Bidang Politik, Bisnis, Pendidikan dan Sosial Media. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 8, no. 1, hal 73-87
Sokolova, K & Kefi, H. 2019. Instagram and Youtube Bloggers Promote it, Why Should I Buy? How Credibility and Parasocial Interaction Influence Purchase Intentions. Journal of Retailing and Consumer Service
Sugito, Yogi. 2013. Metodologi Penelitian. Malang : Universitas Brawijaya Press
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian. Bandung :Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung; Alfabeta. CV
Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Pustaka Baru Press
Sukesti, S & Budiman, M. 2014. The Influence Halal Label and Personal Religiousity on Decision on Food Product in Indonesia. International Journal of Business, Economic and Law, Vol. 4, ISSN 2289-1552
Sunarti, Wibowo, E., & Utami, S.S. 2019. Pengaruh Beauty Vlogger terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Wardah dengan Citra Merek sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, Vol. 19, no. 4, hal 579-589
Susanto, Singgih. 2012. Aplikasi SPSS Pada Statistik Parametik. Jakarta : PT.Elex Media Kumputindo
Suwati, Yuli. 2013. Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Kar-yawan Pada PT. Tunas Hijau Samarinda. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 1, No. 1
Tarigan, S.D.E. 2016. Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal dan Harga terhadap Kepu-tusan Pembelian Kosmetik Wardah. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, Vol.3, No.1
Tio, Farid, Aditya, Henry, Hendra, Arda dan Dhanang. Teknologi Komunikasi dan Re-alitas Semu Media Massa. Surabaya: Garuda Mas Sejahtera
Widiyaningrum, W.P. 2016. Pengaruh Label Halal dan Celebrity Endorses terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, Vol.VI, No. 2
Published
07-05-2020