Analisis Strategi Bersaing dan Strategi Bertahan pada Industri Mikro dan Kecil Panganan Keripik Kemasan di Kecamatan Coblong Kota Bandung Jawa Barat Tahun 2020 Ditengah Situasi Sulit Penyebaran Pandemi COVID-19

  • arief yanto sekolah tinggi ilmu ekonomi stan im
  • Ariadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM
Keywords: strategi bersaing, strategi bertahan, industri keripik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi bersaing dan strategi bertahan pada usaha mikro dan kecil panganan keripik kemasan di kecamatan coblong, Kota Bandung tahun 2020. Data yang digunakan merupakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil survei lapangan dan wawancara, sedangkan data sekunder dari lembaga atau instansi terkait seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Badan Pusat Statistik serta Paguyuban ABDSI Korwil Jabar yang berada di sentra industri Panganan Keripik Kemasan. Alat analisis yang digunakan untuk strategi bersaing adalah dengan Teori Lima Kekuatan Persaingan dari Porter (1980). Sedangkan untuk analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis strategi bertahan pada usaha mikro dan kecil produsen Panganan Keripik Kemasan.  Berdasarkan pendekatan metode Lima Kekuatan Persaingan dari Porter (1980), produsen keripik mampu bersaing dengan harga, pengembangan produk, promosi, dan distribusi produk. Strategi Bertahan produsen Panganan Keripik Kemasan adalah dengan adanya model dari porter dari strategi bersaing, produsen mampu bertahan dari persaingan antar produsen keripik yang lebih besar karena strategi bertahan yang digunakan oleh produsen yaitu harga yang terjangkau bagi para konsumen.

References

Kuncoro, M., (2005) Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Kuncoro, M., (2009), Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi: Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis, Cetakan Pertama, Edisi ketiga, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Porter, M., (1992), Keunggulan Bersaing Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul, Cetakan Pertama, Erlangga, Jakarta.
Solihin, I., (2012), Manajemen Strategik, Cetakan Pertama, Erlangga, Jakarta. Thee Kian Wie., (1994) Industrialisasi di Indonesia Beberapa Kajian, Cetakan Pertama, Penerbit LP3ES, Jakarta.
Usmara, A., (2003), Implementasi Manajemen Stratejik: Kebijakan dan Proses, Cetakan Pertama, Amara Books, Yogyakarta.

Elyawati. J., Sri Susilo, Y., (2001) “Analisis Tingkat Keberhasilan Usaha Industri Kecil”, Jurnal Kinerja, Volume 5, Nomor 1, Juni 2001, hal. 31-42 Khavidhurrohmaningrum., (2013), “Strategi dan Perilaku Industri Pengolahan di Kota Semarang Tahun 2007-2011”, Economics Development Anaylis Journal, EDAJ Volume 2, Nomor 3, Agustus 2013, hal. 220-233
Lela Hindasah., (2011), “Strategi Survival dan faktor-faktor Penentu Survival Industri Kecil (Studi Empiris Industri Gerabah, Kasongan, Bantul, Yogyakarta)”, Laporan Penelitian, Program Seminar International dan Call for papers “Towards Excellent Small Business”, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Rahmana Arief, Iriani Yani, dan Oktarina Rienna, (2012)., “Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Sektor Industri Pengolahan”, Jurnal Teknik Industri, Volume 13, Nomor 1, Februari 2012, hal. 14-21

Sri Susilo, Y., Sukmawati, Y., dan Wahyu Ariani, D., (2003), “Kemampuan Bertahan Industri Kecil Pada Masa Krisis Ekonomi”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Volume 5, Nomor 2, Juni 2003, hal. 116-133
Sri Susilo, Y., (2005), “Strategi Survival Usaha Mikro-Kecil (Studi Empiris Pedagang Warung Angkringan di Kota”, Jurnal Telaah Bisnis, Vol.6, No.2, Desember 2005, hal. 161-177
Sri Susilo, Y., (2009a), “Strategi Bertahan Industri Makanan Skala Kecil Pasca Kenaikan Harga Pangan dan Energi di Kota Yogyakarta”, Jurnal Ekuitas Vol.14 No.2 Juni 2010 : 225-244
Sri Susilo, Y., (2009b), “Strategi survival Menghadapi Krisis Ekonomi Global: Kasus Industri Kecil-Menengah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta”, Jurnal Studi Ekonomi, IV (2), hal. 177-190)
Sutarta, Edi., 2005 “Dampak Perubahan Lingkungan Bisnis Terhadap Kegiatan Usaha Industri Kecil: Studi kasus pada beberapa Industri Kecil D.I.Yogyakarta”. Telaah Bisnis, Vol. 6 No. 2, Desember 2005
Sriyana Jaka., (2010), “Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) : Studi kasus di Kabupaten Bantul”, Jurnal Simposium Nasional 2010: Menuju Purworejo Dinamis dan Kreatif, hal. 79-103

Badan Pusat Statistik, Tabel Perkembangan UMKM pada periode 1997-2012, diakses dari http://www.bps.go.od/tab_sub /view.php?kat= 2&tabel= 1&daftar =1&id subyek=13¬ab=45 pada tanggal 6 Maret 2015. Definisi Strategi, diakses dari http://id.wikipedia.org/wiki/Strategi Tanggal 27 April 2015.
Usaha modal kecil: Kendala Usaha Kecil dan Menengah dan Solusi Cara Mengatasinya, 2012, diakses dari http://usahamodalkecil31.blogspot.com /2012/ 08/kendala-usahakecil-menengah-dan-solusi.html pada tanggal 6 Maret 2015. Pengertian Industri menurut UU diakses dari http://geografi-geografi. blogspot.com /2010/11/pengertian-industri-menurut-uu-no.html pada tanggal 27 April 2015.
Published
07-05-2020