http://ojs.stan-im.ac.id/index.php/JSMA/issue/feed JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi) 2023-11-01T12:06:40+00:00 Hendra Gunawan hendra@stan-im.ac.id Open Journal Systems <p>JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi) diterbitkan oleh LPPM Sekolah Tinggi ilmu Ekonomi STAN Indonesia Mandiri (STIE STAN IM) Bandung secara berkala (setiap dua kali pertahun), dengan tujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian, pengkajian, dan pengembangan bidang ekonomi dan keuangan, khususnya bidang akuntansi, manajemen, pasar modal hukum bisnis, perpajakan, sistem informasi, serta bidang ekonomi dan keuangan lainnya. Artikel yang dipublikasikan dalam JSMA dapat berupa Artikel Penelitian maupun Artikel Konseptual (non-penelitian). <strong>p-ISSN: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit?search=%202085-8426" target="_blank" rel="noopener">2085-8426</a> (print), e-ISSN: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit?search=2715-520X" target="_blank" rel="noopener">2715-520X</a>&nbsp;(online)</strong></p> http://ojs.stan-im.ac.id/index.php/JSMA/article/view/122 Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan UPTD Puskesmas Sukaraja 2023-11-01T12:06:39+00:00 Reksanti Raifilsa reksantiraifilsa73@gmail.com Ratri Wahyuningtyas reksantiraifilsa73@gmail.com <p>Penelitian ini memiliki tujuan0untuk mengetahui pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan UPTD Puskesmas Sukaraja. Penelitiani ini menggunakan jenis penelitian0kuantitatif0dengan0teknik0pengambilan sampel yaitu sampel jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 60 responden. Hasil penelitian0diolah0dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan teknik analisis <em>Structural Equation Model </em>(SEM).&nbsp; Berdasarkan hasil0analisis0deskriptif untuk0motivasi dan disiplin kerja masuk dalam kategori sangat0baik serta kinerja masuk dalam kategori baik. Untuk hasil analisis0<em>Structural</em>0<em>Equation</em>0<em>Model</em> (SEM) dengan software0SmartPLS 30dilihat dari nilai <em>path coefficient </em>dan0<em>t-statistic</em> menunjukkan bahwa motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan disiplin kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.</p> 2023-10-24T02:59:19+00:00 Copyright (c) 2023 JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi) http://ojs.stan-im.ac.id/index.php/JSMA/article/view/125 Pengaruh Supply Chain Management (SCM) terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Seller Lazada di Kabupaten Cirebon Kecamatan Kaliwedi) 2023-11-01T12:06:39+00:00 Syahrudin syahrudinbeside@gmail.com Miftakul Huda miftakulhuda@pelitabangsa.ac.id <p>Persaingan global menjadi sangat penting untuk memaksimalkan kinerja perusahaan, dari segi ekternal atau internal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh supply chain management terhadap kinerja perusahaan melalui keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi studi pada kasus seller lazada di kabupaten cirebon kecamatan kaliwedi. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh yaitu 180 responden yang menjadi mitra ninja ekspress di kabupaten cirebon kecamatan kaliwedi. Untuk menganalisis data yaitu menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan model persamaan struktural (SEM) dengan IBM Statistics AMOS. Hasil penelitian ini yaitu (1) Dampak positif dari manajemen rantai pasokan pada keunggulan bersaing adalah signifikan. (2) Dampak positif signifikan dari supply chain management terhadap kinerja perusahaan.(3) Dampak positif tidak signifikan dari keunggulan bersaing terhadap kinerja perusahaan. (4) Dampak positif tidak signifikan dari supply chain management terhadap kinerja perusahaan melalui keunggulan bersaing sebagai mediasi.</p> 2023-10-24T03:11:40+00:00 Copyright (c) 2023 JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi) http://ojs.stan-im.ac.id/index.php/JSMA/article/view/129 Pengaruh Kualitas Laporan Keuangan terhadap Akuntabilitas Kinerja Pemerintahan di Kabupaten Bandung Barat 2023-11-01T12:06:39+00:00 Mita Sundari mita.sundari@gmail.com Nia Sumiati nia@gmail.com Muhammad Syukrullah m.syukrullah@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas laporan keuangan dan pengaruhnya terhadap akuntabilitas yang ada di instansi pemerintahan di Kabupaten Bandung Barat. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 36 responden berasal dari pegawai pemerintahan di Kabupaten Bandung Barat. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu kualitas laporan keuangan memiliki pengaruh terhadap akuntabilitas kinerja yang ada pada instansi pemerintahan di Kabupaten Bandung Barat. Dengan memastikan kualitas laporan keuangan yang baik, instansi pemerintahan di Kabupaten Bandung Barat dapat meningkatkan akuntabilitas kinerja mereka kepada publik. Ini akan membantu membangun kepercayaan masyarakat dan memastikan penggunaan dana publik yang lebih efektif dan efisien.</p> 2023-10-24T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi) http://ojs.stan-im.ac.id/index.php/JSMA/article/view/133 Pengaruh Kualitas Layanan Self Service Technology (SST) terhadap Loyalty dan Behavioral Intention dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Moderasi 2023-11-01T12:06:39+00:00 Anggun Permata Sari anggunpermatas16@gmail.com Ratih Hendayani anggunpermatas16@gmail.com <p>Perkembangan teknologi memaksa perusahaan untuk memikirkan kembali model organisasi mereka karena beberapa perusahaan telah menunjukkan keunggulan dalam mengeksploitasi teknologi digital untuk mendapatkan keunggulan kompetitif di pasar industri. Perkembangan teknologi memberikan perusahaan peluang untuk mengganti atau memperbarui layanan tradisional dengan <em>Self Service Technology </em>(STT). Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan <em>Self Service Technology </em>(SST) terhadap <em>customer satisfaction</em>, <em>loyalty </em>dan <em>behavioral intention </em>dalam menggunakan <em>Self Service Technology </em>(SST). Objek pada penelitian ini yaitu McDonald’s di wilayah Bandung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode analisis <em>Struc- tural Equation Modeling </em>(SEM) yaitu <em>Partial Least Square </em>(PLS). Tenik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada pelanggan yang pernah menggunakan <em>Self ordering kiosk </em>McDonald’s untuk pemesanan makanan minimal satu kali dan berada di wila- yah Bandung, dengan sampel sebanyak 385 pelanggan. Hasil penelitian membuktikan bahwa kualitas layanan <em>Self Service Technology</em> (SST) berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>loyalty</em>, <em>behavioral intention </em>dan <em>customer satisfaction</em>. Serta didapatkan juga bahwa <em>customer satisfaction </em>mampu memediasi hubungan antara kualitas layanan <em>Self Service Technology </em>(SST) dengan <em>loyalty </em>dan <em>behavioral intention</em>.</p> 2023-10-24T07:36:20+00:00 Copyright (c) 2023 JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi) http://ojs.stan-im.ac.id/index.php/JSMA/article/view/137 Analisa Faktor-Faktor Minat Mahasiswa Akuntansi Batam terhadap Pemilihan Karir Sebagai Akuntan 2023-11-01T12:06:39+00:00 T. Shelvira Rifalny Al Jufry rifalnishelvira@gmail.com Mortigor Afrizal Purba rifalnishelvira@gmail.com <p>Akuntansi merupakan profesi yang diperlukan dalam organisasi bisnis. Akuntansi berperan penting dilingkungan sosial dan ekonomi, dikarenakan semua keputusan yang ditarik dengan sifat keuangan diharuskan untuk bersumber kepada informasi akuntansi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui minat mahasiswa akuntansi di Kota Batam terhadap pemilihan karir sebagai akuntan yang dipengaruhi oleh pertimbangan pasar kerja, lingkungan kerja dan penghargaan finansial. Mahasiswa akuntansi semester ganjil 2019 di perguruan tinggi swasta digunakan sebagai sampel dengan responden sebanyak 100 mahasiswa. Data pada penelitian ini menggunakan data primer, yakni data yang didapatkan dari penyebaran kuesioner kepada mahasiswa/i jurusan akuntansi. Analisis data menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistik versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan kerja dan penghargaan financial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemilihan karir sebagai akuntan. Pertimbangan pasar kerja tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemilihan karir sebagai akuntan.</p> 2023-10-24T08:02:51+00:00 Copyright (c) 2023 JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi) http://ojs.stan-im.ac.id/index.php/JSMA/article/view/139 Dampak Profitabilitas, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, dan Komite Audit terhadap Nilai Pasar Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021 2023-11-01T12:06:40+00:00 Almacitra citraalma2@gmail.com Siti Atikah siti.atikah@unram.ac.id Zuhrotul Isnaini zuhrotul.isnaini@unram.ac.id <p>Nilai pasar merupakan salah satu indikator yang menunjukkan knerja&nbsp; dari suatu perusahaan. Semakin tinggi nilai pasar dari suatu perusahaan, semakin tinggi pula kinrja dari perusahaan tersebut. penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan Profitabilitas, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional Dan Komite Audit Terhadap Nilai Pasar Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jumlah populasi yang digunakan di dalam penelitian ini adalah 216 perusahaan sedangkan sampel yang digunakan adalah sebanyak 125 perusahaan dengan metode pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa profitabiltas, kepemilikan institusional, dan komite audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan kepemilikan manajerial berpengaruh negative terhadap nilai perusahaan.</p> <p>&nbsp;</p> 2023-10-25T04:25:15+00:00 Copyright (c) 2023 JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi) http://ojs.stan-im.ac.id/index.php/JSMA/article/view/141 Pengaruh Kompetensi Karyawan Terhadap Kualitas Pelayanan Pelanggan di Kedai Kopi Tovi Kohi 2023-11-01T12:06:40+00:00 Kamil Muhammad Arifin kamilarifin33@gmail.com Widwi Handari Adji kamilarifin33@gmail.com <p>Penelitan ini bertujuan untuk menguraikan tentang keterkaitan antara kompetensi karyawan, motivasi, dan kualitas pelayanan di sebuah kedai kopi. Penelitian ini didasarkan pada pentingnya kualitas pelayanan pelanggan dalam memperoleh keunggulan kompetitif dalam bisnis kedai kopi. Konsep kualitas pelayanan melibatkan aspek produk, interaksi, dan komunikasi antara karyawan dan pelanggan. Objek penelitian ini dilakukan di Kedai Kopi Tovi Kohi, tempat dimana interaksi antara karyawan dan pelanggan terjadi secara langsung, sehingga memberikan gambaran yang akurat terkait peran kompetensi dan motivasi karyawan dalam meningkatkan kualitas layanan pelanggan dalam konteks industri kedai kopi. Kajian ini mengaplikasikan metode kuantitatif melalui pendekatan analisis regresi linier berganda. Analisis regresi linier berganda membuktikan bahwa kompetensi karyawan dan motivasi memiliki pengaruh yang berarti terhadap kualitas pelayanan. Hasil ini didukung oleh nilai signifikansi yang lebih rendah dari tingkat signifikansi (α = 0,05) pada uji t untuk variabel bebas (kompetensi karyawan dan motivasi). Selanjutnya, uji F menandakan bahwa kedua variabel bebas secara keseluruhan berpengaruh nyata kepada variabel terikat (kualitas pelayanan). Model regresi ini dapat menjelaskan sekitar 38,8% variasi dalam kualitas pelayanan. Kesimpulannya, peningkatan kompetensi karyawan dan motivasi dapat berdampak positif pada kualitas pelayanan di kedai kopi. Saran yang diberikan berfokus pada meningkatkan kompetensi karyawan melalui program pelatihan yang tepat, serta membangun motivasi karyawan melalui pengakuan dan lingkungan kerja yang mendukung. Saran lainnya adalah melibatkan pelanggan dalam perbaikan pelayanan, menggunakan teknologi baru, dan membangun budaya organisasi yang mendukung kerja tim dan inovasi. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana kompetensi karyawan dan motivasi dapat meningkatkan kualitas pelayanan di industri kedai kopi. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan oleh manajemen perusahaan untuk mengembangkan strategi yang lebih efektif dalam meningkatkan kualitas pelayanan</p> 2023-10-25T06:36:30+00:00 Copyright (c) 2023 JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi) http://ojs.stan-im.ac.id/index.php/JSMA/article/view/146 Pengaruh Transformational Leadership, Knowledge Sharing, Innovative Work Behaviour terhadap Organizational Performance pada Karyawan Perusahaan Ekspedisi di Jakarta 2023-11-01T12:06:40+00:00 Lidya Hastari hastarilidyaa@gmail.com Netania Emilisa hastarilidyaa@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh <em>Transformational Leadership ,Knowledge Sharing, Innovative Work Behaviour </em>dan <em>Organizatioal Performance</em> pada karyawan perusahaan ekspedisi di Jakarta. Metode yang digunakan adalah <em>Structural Equaion Model </em>(SEM) dengan <em>software</em> AMOS versi 23 dengan jumlah 130 responden yaitu &nbsp;menyebarkan kuesioner melalui g-form yang diisi oleh karyawan perusahaan ekspedisi di Jakarta. Teknik pengolahan data yang digunakan pada penelitian ini yakni pengujian instrument seperti uji validitas dan realibitas serta <em>Structural Equation Modeling </em>(SEM) menggunakan SPSS dan AMOS. Hasil penelitian ini, <em>Transformational Leadership </em>berpengaruh positif tidak signifikan terhadap <em>Organizational Performance, Transformational Leadership</em> bepengaruh positif dan signifikan terhadap <em>Knowledge Sharing</em>, <em>Transformational Leadership</em> bepengaruh positif dan signifikan terhadap <em>Innovative Work Behaviour</em>, <em>Knowledge Sharing</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>Organizational Performance </em>dan <em>Innovative Work Behaviour </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>Organizational Performance</em><em>. </em></p> 2023-10-25T07:00:52+00:00 Copyright (c) 2023 JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi) http://ojs.stan-im.ac.id/index.php/JSMA/article/view/152 Pengaruh Kompetensi Auditor erhadap Kualitas Audit (Survey Pada Auditor yang Lulus Kuliah Ketika Masa Pandemik Covid-19 dan Bekerja di Kantor Akuntan Publik Berafiliasi Internasional) 2023-11-01T12:06:40+00:00 Rendi Kusuma Natita rendikusuman@gmail.com Ali Rahman Reza Saputra rendi.kusuman@lecture.unjani.ac.id Intan Pramesti Dewi rendi.kusuman@lecture.unjani.ac.id <p>Penelitian ini berupaya untuk mengetahui bagaimana Kompetensi Auditor mempengaruhi Kualitas Audit dan bagaimana Kualitas Audit dan Kompetensi berinteraksi. Populasinya adalah auditor dari perusahaan akuntan publik yang terkait atau berkolaborasi di seluruh dunia. Dengan menggunakan data primer yang bersumber dari kuesioner yang diajukan kepada respnden. Sementara sampel untuk diperoleh dengan menggunakan metode <em>judgement sampling. </em>Dengan data yang diolah sebanyak 80 data. &nbsp;Dihitung dengan menggunakan skala ukur ordinal dengan metode Skala Likert. Penelitian ini menujukkan hasil bahwa dan kompetensi audit secara simultan atau bersamasama berpengaruh signifikan secara positif terhadap Kompetensi audit.</p> 2023-10-25T07:07:31+00:00 Copyright (c) 2023 JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi) http://ojs.stan-im.ac.id/index.php/JSMA/article/view/156 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Organizational Commitment pada Karyawan Rumah Sakit Swasta di Jakarta 2023-11-01T12:06:40+00:00 Noni Febiastri Wahyuningtiyas nonifebiastri0102@gmail.com Netania Emilisa nonifebiastri0102@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh <em>Green Autonomous Motivation</em> dan <em>Green External Motivation</em> terhadap <em>Organizational Commitment</em> yang dimediasi oleh <em>Self-Efficacy </em>pada karyawan Rumah Sakit Swasta di Jakarta. Dari permasalahan covid-19 ini telah menimbulkan masalah lingkungan menjadi lebih serius di seluruh dunia, dimana hal ini terus menghasilkan dampak negatif kepada sebagian besar tenaga kerja kesehatan yang mengharuskan bekerja lebih keras lagi untuk menangani para penderita covid-19. Ada sedikit penelitian empiris dalam konteks manajemen sumber daya manusia, mengidentifikasi berbagai jenis pro-lingkungan perilaku dan memeriksa bagaimana mereka saling terkait. <em>Organizational Commitment</em> perlu ditingkatkan maka <em>Self-Efficacy</em>, <em>Green Autonomous Motivation</em> dan <em>Green External Motivation</em> sangat diperlukan untuk mendukung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>Structural Equation Model</em> (SEM) dengan <em>software</em> AMOS versi 23 dengan jumlah responden 115. Hasil penelitian ini, <em>Green Autonomous Motivation</em> berpengaruh positif&nbsp; dan signifikan terhadap <em>Self-Efficacy</em>, <em>Green External Motivation</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>Self-Efficacy</em>, <em>Self-Efficacy</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>Orgabizational Commitment.</em></p> 2023-10-26T08:48:51+00:00 Copyright (c) 2023 JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)