Pengaruh E-Commerce, Ekspektasi Pendapatan, dan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha

  • Achmad Ihza Maulana Ibrahim Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Muslimin Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
Keywords: E-commerce, Ekspektasi Pendapatan, Sistem Informasi Akuntansi, Wirausaha

Abstract

Fenomena meningkatnya jumlah pengangguran di Indonesia khususnya bagi lulusan maha­siswa cukup memprihatinkan. Kebanyakan mahasiswa setelah lulus dari perguruan tinggi, akan mencari dan melamar pekerjaan bukan menyiapkan diri untuk menciptakan lapan­gan pekerjaan atau berwirausaha. Kondisi ini membuat ketergantungan, sebab itu timbul banyak kasus pengangguran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji secara empiris mengenai pengaruh dari E-Commerce, Ekspektasi Pendapatan dan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Pengambilan Keputusan untuk Berwirausaha. Objek penelitian ini merupa­kan Mahasiswa Akuntansi PTN di Surabaya (UPNVJT, UNAIR, UNESA dan UINSA) angkatan 2017 – 2018 dengan kriteria tertentu. Jenis penelitian menggunakan pendeka­tan kuantitatif. Teknik penentuan sampel menggunakan rumus Slovin, sehingga dapat diperoleh 92 responden dan teknik analisis data berupa pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan alat software SmartPLS versi 2.0 M3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-Commerce terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan mahasiswa untuk berwirausaha, ekspektasi pendapatan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan mahasiswa untuk berwirausaha, dan sistem infor­masi akuntansi terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan mahasiswa untuk berwirausaha.

References

Azzam, H. (2016). Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Berwirausaha. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember, 1–12. http://repository.unmuhjember.ac.id/74/

Badan Pusat Statistik. (2021). Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan (Orang), 2020-2021. Diakses dari:https://www.bps.go.id/indicator/6/674/1/-pengangguran-terbuka-menurut-pendidikan-tertinggi-yang-ditamatkan.html

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Square Konsep Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, P., & Keller, L. K. (2012). Marketing Management 14e Global Edition. Pearson Education Limited.

Nurabiah, N., Herlina Pusparini, & Yusli Mariadi. (2021). E-Commerce Dan Sistem Informasi Akuntansi Sebagai Faktor Pendorong Pengambilan Keputusan Mahasiswa Akuntansi Untuk Berwirausaha. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 5(2), 238–253. https://doi.org/10.29303/jaa.v5i2.97

Pramiswari, D. A. A., & Dharmadiaksa, I. B. (2017). Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha. E-Jurnal Akuntansi, 2017(1), 261–289.

R. Hinton, P., McMurrey, I., & Brownlow, C. (2004). SPSS Explained, 2nd Edition.

Romney, M. B., & Paul John, S. (2011). Accounting Information System”, 9th Edn. Jakarta: Salemba Empat.

Sari, P. P. (2017). Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Motivasi, Pendidikan Kewirausahaan, dan Norma Subyektif Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta). 5 No 7.

Suhartini, Y. (2011). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Berwiraswasta (Studi Pada Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta). Akmenika Upy, 7, 44.

Yadewani, D., & Wijaya, R. (2017). PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus : AMIK Jayanusa Padang). Jurnal Benefita, 2(2), 102–109. https://doi.org/10.22216/jbe.v2i2.478

Published
09-05-2022