Digital Marketing Pengaruh Digital Marketing Dan Pilihan Produk Dalam Pengambilan Keputusan Minat Membeli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia

  • Anggit Suryopratomo Universitas Ma'soem
  • Evan Jaelani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM
Keywords: Digital Marketing, Pilihan Produk, Minat Membeli

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besarnya pengaruh digital marketing yang terdiri dari media social, website, PPC advertising, dan SEO Search engine optimization terhadap minat membeli konsumen dan pilihan produk pada marketplace Tokopedia. Ruang lingkup penelitian hanya membahas pengaruh digital marketing dan pilihan produk terhadap minat membeli konsumen pada marketplace Tokopedia.

Rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga, yaitu digital marketing ( ), Pilihan Produk ( ), dan Minat Membeli (Y). Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner, populasi penelitian adalah konsumen Marketplace Tokopedia, di mana jumlah populasinya tidak diketahui.

Sampel diambil dengan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif digital marketing terhadap keputusan minat membeli produk di Tokopedia; (2) tidak ada pengaruh pilihan produk terhadap keputusan minat membeli di Tokopedia; dan (3) ada pengaruh digital marketing dan pilihan produk terhadap keputusan pembelian di Tokopedia. Faktor digital marketing dan pilihan produk mempunyai pengaruh sebesar 27% terhadap keputusan minat membeli produk di Tokopedia, sedangkan sisanya 73% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

 

References

Andrian. (2019). Digital Marketing dan Ragam Produk pada Minat Beli Konsumen Toko Online Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Angkatan 2016). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 14–24.

Barriyah, K., & Suyanti, A. M. A. (2019). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Minat Beli Pengunjung Toko Online Shopee.co.id. E-Proceeding of Management, 6, 321–329.

Carter, B. (2009). When Pay Per Click Is NOT Right For You. Search Egine Journal.

Clarisa, C. (2020). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Di Kota Palembang). In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Durianto, & L. (2004). Analisi Efektivitas Iklan Televisi Softener Soft & Fresh di Jakarta dan Sekitarnya dengan Menggunakan Consumen Decision Model. Jurnal Ekonomi Perusahaan, 11(1), 35–55.

Fishkin, R. (2019). SEO : Pengertian, Jenis, Tujuan, Manfaat, Cara Kerja dan Indikator Terlengkap. Https://Seputarilmu.Com/2019/10/Seo.Html.

Herosian, M. Y., & Samvara, M. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Digital Marketing Dan Kemudahan Akses Layanan Aplikasi Belanja Online Dalam Peningkatan Daya Beli Masyarakat Kota Medan Di Era Revolusi Industri Marketing 4.0. Jurnal Akbar Juara, 4(5), 45–62.

Kholis, A. A., & Dr. Putu Nina Madiawati, S.T., M.T., M. M. (2019). Pengaruh Keamanan Situs, Kepercayaan Terhadap Minat Beli Di Situs Belanja Online Shopee. E-Proceeding of Management, 6(2), 1–9.

Kotler, P. (2011). Reinventing Marketing to Manage the Environmental Imperative. Journal of Marketing, 75(4), 132–135. https://doi.org/https://doi.org/10.1509

Muninjaya. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Nasir, M. (2017). Pengaruh E-Service Quality Dan Diskon Terhadap Minat Beli Pada Situs Online Di Website Zalora.Co.Id Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(1), 15–18.

Opiida. (2014). Pengertian E-MarketPlace.

Prashandyawan, B. Y., Hetami, A. A., Wahyuni, A., & A. (2019). Pengaruh E-Commerce Tokopedia.Com Terhadap Minat Beli Pakaian Secara Online Pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. EJournal Ilmu Komunikasi, 7(4).

Tokopedia. (n.d.).

Published
09-05-2022