Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Transportasi Taksi Blue Bird di Jakarta Barat

  • Miftakul Huda Universitas Pelita Bangsa
  • Nani Hartati Universitas Pelita Bangsa
Keywords: Kualitas Pelayanan, Brand Imange, Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan

Abstract

Perkembangan Jasa Transportasi di Indonesia semakin meningkat setiap tahunya, hal ini dipengaruhi dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Kemajuan pesat ini tentunya memberikan dampak perubahan yang signifikan, baik berdampak positif maupun negatif terhadap pelaku usaha lainya. Munculnya transportasi online mampu menggerus pelaku usaha konvensional, Kendati demikian jasa transportasi taksi Blue Bird masih mampu bertahan ditengah pesatnya persaingan di era globalisasi ini.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kualitas pelayanan, Brand Image dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan taksi Blue Bird. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik accidental sampling, dengan melibatkan 105 responden pelanggan taksi Blue Bird di mall Ciputra Jakarta Barat. Untuk pengumpulan data meliputi observasi, penyebaran kuesioner dan studi kepustakaan. Metode analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis linear berganda dan uji hipotesis.

Pengolahan data menggunakan program SPSS Versi 22.0 dan menghasilkan kesimpulan bahwa kualitas pelayanan (XI) tidak memberikan pengaruh positif dengan nilai signifikan 0,122 lebih besar dari 0.05, variabel Brand Image tidak memberikan pengaruh positif dengan nilai signifikan 0,192 lebih besar dari 0,05 dan variabel Kepuasan Pelanggan memberikan pengaruh positif dengan nilai signifikan 0,002 lebih kecil dari 0,05.

References

Gedalia CC. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Monopole Coffee Lab Surabaya). J. Strateg. Pemasar. 3: 1–10.

Ghozali I. 2011. AplikasiMultivariatedengan Program IBM SPSS 19. 5 E, editor. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jannah EN, Sudaryanto, Wulandari GA. 2018. Pengaruh Kualitas Layanan dan Brand Image Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Matahari Department Store di Jember. UNEJ e-Proceding: 339–350.

Kotler, Philip and Keller K. 2018. Marketing Management. New Jersey. 211–220 p.

Kotler P, Armstrong G. 2018. Principles of Marketing (Electronic Version). 1–736 p.

Kumadji S. 2013. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 6: 1–9.

Normasari, Selvy; Kumadji, Srikandi; Kusumawati A. 2013. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN, CITRA PERUSAHAAN DAN LOYALITAS PELANGGAN. J. Adm. Bisnis: 1–9.

Normasari S. 2013. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN, CITRA PERUSAHAAN DAN LOYALITAS PELANGGAN Survei padaTamu Pelanggan yang Menginap di Hotel Pelangi Malang. J. Adm. Bisnis S1 Univ. Brawijaya 6: 77767.

Pi W, Huang H. 2011. Effects of promotion on relationship quality and customer loyalty in the airline industry: The relationship marketing approach. African J. Bus. Manag. 5: 4403–4414.

Razak I, Nirwanto N, Triatmanto B. 2016. The Impact of Product Quality and Price on Customer Satisfaction with the Mediator of Customer Value. J. Mark. Consum. Res. 30: 59–68.

Roscoe JT. 1975. Fundamental research statistics for the behavioural sciences. New York: Holt Rinehart & Winston.

Setyowati E. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Pemediasi. J. Manaj. Dayasaing 18: 102.

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suwandi. 2020. View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. J. Ekon. Akunt. dan Manaj. XIV: 274–282.

Wendha AAAAP, Rahyuda IK, Suasana IGA. 2013. Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Garuda Indonesia Di Denpasar. J. Manajemen, Strateg. Bisnis, dan Kewirausahaan 7: 19–28.

Published
08-11-2021