Analisa Penggunaan Perangkat Lunak dalam Mendukung Pembukuan Keuangan Sekolah

  • Rafiq Ahmad Universitas Pembangunan Jaya
  • Agustine Dwianika Universitas Pembangunan Jaya
Keywords: Pembukuan, Perangkat lunak asisten, Sekolah fadilah

Abstract

Pembukuan dibuat agar setiap transaksi keuangan tercatat dengan baik. Penyusunan pembukuan keuangan sekolah secara konvensional atau manual, seringkali mengalami kendala, seperti kesalahan pencatatan dan perhitungan. Perkembangan tekonologi informasi dan komunikasi, menghasilkan produk digital seperti perangkat lunak untuk menjawab setiap permasalahan. Pengunaan perangkat lunak dapat menyusun pembukuan dengan mudah dan cepat. Tujuan penelitian ini, untuk menganalisa penggunaan perangkat lunak asisten dalam mendukung pembukuan keuangan di sekolah Fadilah (taman kanak-kanak, sekolah dasar, dan sekolah menengah kejuruan). Data diperoleh dengan cara observasi, dan wawancara kepada responden menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih kriteria tertentu yaitu, kepala tata usaha, bendahara, dan staf tata usaha sekolah Fadilah. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriftif. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa perangkat lunak asisten dapat membantu pembukuan sekolah, dikarenakan memiliki efektifitas dan efesiensi dalam penggunaanya.

References

Amborowati, A., & Marco, R. (2016). Analisis Pengelolaan Dan Monitoring Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Menggunakan Sistem Informasi Berbasis Website Pada Sltp Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dasi (Data Manajemen Dan Teknologi Informasi), 10.

Ardhianto, W. N. (2019). Buku Sakti Pengantar Akuntansi. Yogyakarta: Quadrant.

Arwildayanto, Lamatenggo, N., & Sumar, W. T. (2017). Manajemen Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Widya Padjajaran.

Asifa, P., & Afriansyah, H. (2020). Administrasi Ketatausahaan Sekolah. OSFPREPRINTS, 3.

Bukhori, I., Rojab, I. S., Sopwandin, I., & Hidayat, A. (2020). Pendayagunaan Software Asisten Dalam Pengelolaan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Sekolah. TADBIR MUWAHHID, 19.

Imron, M. J. (2016). Manajemen Pembiayaan Sekolah. Al-Ibrah, 87.

Kusumadewi, R. F. (2015). Pembiayaan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmah Pendidikan Dasar, 47.

Machali, I., & Hidayat, A. (2016). Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: KENCANA.

Ma'rifati, I. S. (2015). Sistem Informasi Akuntansi Pendapatan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) Pada SMU XYZ. EVOLUSI: Jurnal Sains dan Manajemen, 2.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Tagotorop, M. (2017). Pengaruh Biaya Pendidikan Terhadap Mutu Sekolah SMA Swasta. SCHOLARIA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 236.

Utami, F. H., & Asnawati. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Deepublish.

Published
24-05-2021