Kualitas Audit Berdasarkan Skeptisme Profesional dan Fee Audit (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik Kota Bandung)

  • dani sopyan sekolah tinggi ilmu ekonomi stan im
  • Swiscindya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM
Keywords: Skeptisme Profesional, Fee Audit, Kualitas Audit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas audit berdasarkan skeptisme profesional dan fee audit baik secara simultan maupun secara parsial. Penelitian ini dilakukan pada auditor di Kantor Akutan Publik di kota Bandung. Sampel dalam penelitian ini ialah 51 responden dengan teknik penentuan sampel yang digunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan secara simultan menunjukkan bahwa skeptisme profesional dan fee audit berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas audit, sedangkan secara parsial skeptisme profesional dan fee audit berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas audit. Hasil dari koefisien determinasi (R square) adalah sebesar 55,6% yang artinya skeptisme profesional dan fee audit hanya mengakibatkan atau menimbulkan adanya variabel kualitas audit sebesar 55,6%. Sedangkan sisanya sebesar 44,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Dewa Ayu Wini Triarini, Ni Made Yeni Latrini. 2016. “Pengaruh Kompetensi, Skeptisme Profesional, Motivasi, Dan Disiplin Terhadap Kualitas Audit Kantor Inspektorat Kabupaten/Kota Di Bali” dalam E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.14.2 (hlm. 1092-1119).

Eveline, Hardi, Rheny. 2014. “Pengaruh Independensi, Kompetensi, Moral Reasoning Dan Skeptisisme Profesional Auditor Pemerintah Terhadap Kualitas Audit Laporan Keuangan Pemerintah Daerah” dalam JOM FEKON Vol. 1 No. 2.

Ghozali. 2001. Pengaruh Etos Kerja Disiplin dan Motifasi Kinerja Pegawai pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Jakarta.

Hery. 2017. Auditing dan Asuransi Pemeriksaan Akuntansi Berbasis Standar Audit Internasional, Jakarta.

Hery. 2019. Auditing Dasar-Dasar Pemeriksaan, Jakarta.

Husein Umar. 2005. SDM Dalam Organisasi, Jakarta.

I Gusti Ayu Rahma Pramesti, I Dewa Nyoman Wiratmaja. 2017. “ Pengaruh Fee Audit, Profesionalisme Pada Kualitas Audit Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Pemediasi” dalam E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.18. (Halaman 616-645).

Lauw Tjun Tjun, Elyzabet Indrawati Marpaung dan Santy Setiawan 2012. “Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor Terhadap Kualitas Audit” dalam Jurnal Akuntansi Vol.4 No.1 (Halaman 33-56).

Nihestita, Iin Rosini, Dani Rahman Hakim, Desi Kurniawati. 2018. “Pengaruh Integritas Dan Skeptisisme Professional Auditor Terhadap Kualitas Audit” dalam National Conference Of Creative Industry: Sustainable Tourism Industry For Economic Development (Halaman 915-925).

Nida Rinanda, Annisa Nurbaiti. 2018. “Pengaruh Audit Tenure, Fee Audit, Ukuran Kantor Akuntan Publik Dan Spesialisasi Auditor Terhadap Kualitas Audit” dalam e-Proceeding of Management : Vol.5, No.2.

Ni Luh Arlia Sugiarmini, Luh Kade Datrini. 2017. “Pengaruh Skeptisme Profesional, Independensi, Kompetensi, Etika, dan Role Stress Auditor Terhadap Kualitas Audit” dalam Jurnal KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi; Vol. 9 No.1 (Halaman 01-14).
Siregar. 2013. Statistik Nonparametik, Jakarta.

Syarhayuti. 2016. “Pengaruh Moral Reasoning, Skeptisme Professional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kualitas Audit Dengan Pengalaman Kerja Auditor Sebagai Variabel Moderating” dalam Akuntansi Peradaban : Vol. I No. 1. (Halaman 128-147).

Susmiyanti. 2016. “Pengaruh Fee Audit, Time Budget Pressure, Dan Kompleksitas Tugas Terhadap Kualitas Audit Dengan Pengalaman Auditor Sebagai Variabel Moderating” dalam Jurnal Profita Edisi 7. (Halaman 1-16).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi, Bandung.

Uma. 2006. Research Methods For Business, Jakarta.

Zavara Nur Chrisdinawidanty, Hiro Tugiman. 2016. “Pengaruh Etika Auditor Dan Fee Audit Terhadap Kualitas Audit” dalam e-Proceeding of Management : Vol.3, No.3. (Halaman 1-9).
Published
07-05-2020