PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LIPSTIK PIXY

(Studi Pada Konsumen Produk Lipstik Pixy Toserba Borma Cipadung)

  • Sari Ismayana sekolah tinggi ilmu ekonomi stan im
  • Nur Hayati sekolah tinggi ilmu ekonomi stan im
Keywords: Kualitas Produk, Harga dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian. Populasi pada penelitian ini adalah 300 orang dan sampel sebanyak 75 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan korelasi, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian secara simultan menunjukkan secara bersama-sama kualitas produk dan harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk lipstik Pixy. Adapun secara parsial menunjukan variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi menunjukkan nilai 0,500. Hal ini menunjukkan bahwa 50% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kualitas produk dan harga. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 50%  dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian.

References

Anwar, Iful. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan pembelian: Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 4 No. 12 (Desember 2015) 2-14.
Amirullah. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Cetakan Pertama. Malang: Bayumedia Publishing.
Amrullah. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat: Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 5 No. 7 (Juli 2016) ISSN-2461-0593.
Ardiansyah, Muhammad dan Rokhmi. Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian AMDK Cleo: Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 6 No. 6 (Juni 2017) ISSN-2461-0593.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Hanifaradiz dan Satrio. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Sabun Mandi Lifebuoy di Surabaya: Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol 5 No. 6 (Juni 2016) ISSN-2461-0593.
Habibah, Ummu dan Sumiati. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadapat Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Bangkalan Madura : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (Maret 2016) 31-48.
Hariadi, dan Martoatmodjo. Pengaruh Produk, Harga, Promosi, dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Projector Microvision: Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 1 No. 8 (2012) 2-21.
Isyanto, Puji dan Eman. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian: Jurnal Manajemen Vol. 9 No. 4 (Juli 2012) 854-862.
Kotler, Phillip dan Keller, Lane Kevin. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas Jilid 2. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Kotler, Philip dan Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi keduabelas. Diterjemahkan Oleh Bob Sabran Jilid 1. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Listyorini, Dw, dan Evelina. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana TelkomFlexsi: Journal Of Social And Politic (2012) : 1-11.
Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi kedua. Jakarta: Salemba Empat.
Mowen, C John dan Minor, Michael. 2002. Perilaku Konsumen. Edisi Kelima Jilid 2. Jakarta: Indeks.
Mulyana, Mumuh dan Natalia. Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian: Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 2 No. 2 (2014) 199-128.
Samosir, Halomoan. Pengaruh Persepsi Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Vol. 1 No. 3 (November 2015).
Sejati, Aria. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks: Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 5 No. 3 (Maret 2016) ISSN-2461-0593.
Siregar, Syofian. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
. 2017. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta: ANDI.
Tjiptono, Fandy dan Diana. 2003.Total Quality Management. Edisi Revisi. Yogyakarta: ANDI.
Utami, Mei Agusta. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian: Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol 5, No. 7 (Juli 2016) 1-18.
Wanda, Kanisius Waro. Pengaruh Harga Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Mini Market Lulu Mart Samarinda: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol. 3 No. 4 (2015) ISSN 2355-5408.
Weenas, R.S Jackson. Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Keputusan pembelian: Jurnal EMBA Vol. 1 No. 4 (Desember 2013) ISSN-2303-1174.
Yulasmi. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum Dalam Kemasan: Jurnal Ilmiah UPI YPTK Vol. 22 No. 1 (Maret 2015) 34-41.

SUMBER INTERNET
www.surveybizteka.com Akses 30 November 2018
www.topbrandaward.com Akses 30 November 2018
Published
01-11-2018