PENGARUH LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

(Studi pada Perusahaan Sektor Manufaktur Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

  • Rossidi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM
  • Erna Lisa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM
Keywords: Leverage, Profitabilitas, Nilai Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh Leverage dan Profitabilitas terhadap nilai perusahaan, pada Perusahaan Sektor Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Teknik sampling dilakukan dengan metode purposive sampling, dan diperoleh ukuran sampel sebanyak 14 Perusahaan Sector Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, periode tahun 2012 – 2016. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda.

Hasil uji statistik menunjukkan bahwa variabel leverage memiliki hubungan dengan nilai perusahaan, dengan tingkat keeratan sedang, sedangkan variabel profitabilitas memiliki hubungan yang sangat kuat dengan nilai perusahaan. Secara parsial, baik leverage maupun profitabilitas ternyata berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Artinya semakin tinggi leverage dan profitabilitas masing-masing,  semakin tinggi nilai perusahaan. Demikian pula secara simultan variabel leverage dan variabel profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, artinya secara bersama-sama semakin tinggi leverage dan profitabilitas semakin tinggi nilai perusahaan.

References

Agnes Sawir, 2004, Kebijakan Pendanaan dan Restrukturisasi Perusahaan, Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Alamsyah, Sustari. 2017. Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan, Relevansi Nilai Informasi Akuntansi, Keputusan Investasi, Kebijakan Dividen sebagai Variabel Intervening. Competitive. Vol. 1 No. 1, Januari – Juni 2017.
Andinata, W. 2010. Analisis Pengaruh Profitabilitas dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.
Atmaja, Lukas Setia. 2008. Teori dan Praktik Manajemen Keuangan. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Brigham, Eugene F. dan Daves, P. 2010. Intermediate Finnancial Management: Tenth Edition. South Western: Cengage Learning.
Brigham, Eugene F. dan Gapenski, Louis C. 2006. Intermediate Financial Management. New York: The Dryden Press.
Brigham, Eugene F dan Houston. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan: Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.
Fahmi, Irham. 2012. Analisis Laporan Keuangan: Cetakan ke – 2. Bandung: Alfabeta.
Ghozali Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivarate dengan Program IBM SPSS 21: Update PLS Regresi Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hargiansyah, Rifqi Faisal. 2015. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Artikel Ilmiah Mahasiswa 2015.
Harmono. 2011. Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecad Pendekatan Teori, Kasus dan Riset Bisnis : Edisi 1. Jakarta: Bumi Aksara.
Hermuningsih, Sri. 2013. Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity, Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Publik di Indonesia. Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan, Oktober 2013.
Husnan, Suad. (2008). Manajemen Keuangan: Teori dan Penerapan Buku 1 - Edisi 4. Yogyakarta: BPFE.
Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.
Keown, A.J. 2004. Manajemen Keuangan : Prinsip-prinsip dan Aplikasi. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Lev, Baruch., dan Thiagarajan, S. Ramu. (1993). Fundamental Information Analysis. Journal of Accounting Research, 31 (2), 190-215
Mandey, Stevani Risel., Pangemanan, Sifrid S. dan Pangerapan, Sonny. 2017. Analisis Pengaruh Insider Ownership, Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2013-2015. Jurnal EMBA. Vol.5 No.2 Juni 2017, Hal. 1463 –1473. ISSN 2303-1174.
Mardiyati, Umi., Ahmad, Gatot Nazir. dan Putri, Ria. 2012. Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2005 – 2010. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) Vol.3, No. 1, 2012.
Nor, Apandi. 2012. Analisis Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Total Asset Turnover dan Return On Investment Terhadap Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar di BEI Periode 2009- 2011. Jurnal Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang.
Nurminda, Aniela., Isynuwardhana, Deannes. dan Nurbaiti, Annisa. 2017. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. e-Proceeding of Management : Vol.4, No.1 April 2017. ISSN : 2355-9357.
Ogolmagai, Naftalia.2013. Leverage Pengaruhnya terhadap Nilai Perusahaan pada Industri Manufaktur yang Go Public di Indonesia. Jurnal EMBA Vol.1 No.3 Juni 2013, Hal. 81-89. ISSN 2303-1174.
Pratama, I Gede Gora Wira dan Wirawati, Ni Gusti Putu. Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Manajerial sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol.15.3. Juni (2016): 1796‐1825. ISSN: 2302‐8556
Pratiwi, Nadya dan Rahayu, Sri. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Good Corporate Governance, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Bali.
Riyanto, Bambang..2008, Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Yogyakarta: BPFE.
Rudangga, I Gusti Ngurah Gede dan Sudiarta, Gede Merta. 2016. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.7, 2016: 4394 – 4422. ISSN : 2302-8912.
Salvatore, Dominick. 2011. Ekonomi Manajerial dalam Perekonomian Global: Buku I Edisi kelima. Jakarta: Salemba Empat.
Sambora, Mareta Nurjin., Handayani, Siti Ragil dan Rahayu, Sri Mangesti. 2014. Pengaruh Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 8 No. 1 Februari 2014.
Sari, Pt Indah Purnama dan Abundanti, Nyoman. 2014. Pengaruh Pertumbuhan Leverage terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan. Bali.
Sartono, Agus. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi.Edisi ke 4. Yogyakarta: BPFE.
Setiadewi, Kadek Ayu Yogamurti dan Purbawangsa, Ida Bagus Anom. 2015.Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap profitabilitas dan Nilai Perusahaan. Bali.
Singapurwoko Arif dan Muhammad Shalahuddin Mustofa El-Wahid. 2011. The Impact of Financial Leverage to Profitability Study of Non-Financial Companies Listed in Indonesia Stock Exchange. European Journal of Economics, Finance and Administrative Sciences, h: 137-148: Issue 32: ISSN 1450-2275.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujoko dan Soebiantoro, Ugy. 2007. Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Intern dan Faktor Ekstern terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 9. No. 1, Maret 2007 : 41-48
Timbuleng, Ferlen., Nangoy, Sientje C. dan Saerang, Ivonne S. 2015. Pengaruh Faktor Likuiditas, Leverage, NPM dan ROI terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal EMBA. Vol.3 No.2 Juni 2015, Hal. 546-557. ISSN 2303-1174.
Van Horne, James C. dan Wachowicz, J.M. 2012. Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
Weston, J. Fred dan Brigham Eugene F. 1998. Manajemen Keuangan: Edisi 9 Alih Bahasa oleh Kirbrandoko. Jakarta: Erlangga.
Weston, J. Fred dan Copeland, Thomas E. 1992. Manajemen Keuangan: Jilid II - Terjemahan Yohanes Lamarto. Jakarta: Erlangga.
Wiagustini, Ni Luh Putu. 2010. Dasar-dasar Manajemen Keuangan: Cetakan Pertama. Denpasar: Udayana University Press.
Wulandari, Dwi Retno. 2013. Pengaruh Profitabilitas, Operating Leverage, Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Intervening. Accounting Analysis Journal 3 (1) (2014). ISSN 2252-6765.
Published
01-02-2018