Currently Analisis Strategi Pemasaran pada Usaha Mikro dan Menengah pada Era Digital di Kota Probolinggo

  • Melania Saniatu Farkhah Universitas Surabaya
  • Joshi Maharani Wibowo Universitas Surabaya
Keywords: Strategi, Pemasaran, UMKM

Abstract

Saat ini teknologi semakin maju dan berkembang, serta persaingan antar perusahaan semakin meningkat. Pelaku UMKM harus memiliki strategi pemasaran untuk mengembangkan usahanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa banyak UKM di Kota Probolinggo yang masih memasarkan secara tradisional dan memahami strategi pemasaran online pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas sumber daya dan mengembangkan usahanya agar pelaku UMKM dapat menjangkau konsumen dalam skala yang lebih besar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data secara langsung dan sekunder. Mengumpulkan informasi secara langsung melalui wawancara, observasi dan kuesioner. Pengumpulan data sekunder menggunakan kajian literatur, dokumentasi dan informasi dari organisasi dan instansi terkait. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data usaha mikro. Jumlah tersebut meliputi UKM di Kota Probolinggo, dan ada 100 UKM di Kota Probolinggo. Hasil kajian menunjukkan bahwa pada tahun 2022, banyak pengusaha yang masih menghadapi kendala karena kurangnya sumber daya manusia yang terampil, beberapa pengusaha juga akan menghadapi kekurangan modal usaha, dan banyak pengusaha masih belum menggunakan media sosial untuk melakukan pemasarannya. Produk dan mempromosikan produk untuk mendukung bisnis mereka. Dampak perkembangan UKM dengan strategi pemasaran offline dan online memperluas sasaran pemasaran UKM tersebut.

 

References

Abdi, J. K., Harini, C., & Rohman, A. (2020). Iptek Bagi Masyarakat dan Pengem-bangan Marketing Online Pada UMKM Kabupaten Semarang.

Abdullah, R., Malik, E., Hasrul Adan, L., Dja, A., Ode Dewi Yant, W., Karlina, S., Kurniawan, R., Ode, D., Arya, M., Nurrahmawati Alitasi, W., Yuliningsi, S., Yustian, Y., Program Studi Manajemen, D., Ekonomi, F., Muhammadiyah Buton, U., Baubau, K., Tenggara, S., Program Studi Akuntansi, D., Jurusan Ekonomi Pembangunan, D., … Baubau Sulawesi Tenggara, K. (2021). PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN USAHA KECIL DAN MENENGAH DI DESA WAWOANGI KEC. SAMPOIAWA DITENGAH PANDEMIC COVID-19. Communnity Development Journal, 2(1), 76–80.

Alia Akhmad STMIK Duta Bangsa Surakarta, K. (2015). Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta) (Vol. 9).

BPS Kota Probolinggo. (2018). Jumlah Usaha/Perusahaan di Kota Probolinggo Menurut Kecamatan dan Skala Usaha Hasil Sensus Ekonomi 2016.

Hakiki, M. A. (2020). Penerapan Efektivitas Segmentasi Pasar Terhadap Peningkatan Volume Penjualan UD. Bitang Timur Di Desa Sumber Pakem Kecamatan Sumber Jambe Kabupaten Jember. LAN TABUR : Jurnal Ekonomi Syariah, 1(2), 149–160. https://doi.org/10.53515/lantabur.2020.1.2.148-160

Krisnawati, D. (2018). PERAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DIGITAL PADA STRATEGI PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI UMKM DI INDONESIA (Studi Kasus: UMKM Kuliner Tanpa Restaurant ’Kepiting Nyinyir’) (Vol. 6, Issue 1).

Nisa, khoirun , L. U. . (2018). STRATEGI PEMASARAN ONLINE DAN OFFLINE. Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 01(1), 55–56.

Safanah, E. (2018). (2018). Sumber Modal Usaha Kecil Makanan Ringan Desa Kelan-gonan Gresik. Jurnal Riset Entrepreneurship.

Safitri, H., Setiaji, K., Pd, S., & Pd, M. (2018). Economic Education Analysis Journal PENGARUH MODAL USAHA DAN KARAKTERISTIK WIRAUSAHA TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO DAN KECIL DI DESA KEDUNGLEPER KECAMATAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA. Info Artikel Abstrak. In EEAJ (Vol. 7, Issue 2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun. (2008). Undang-Undang Re-publik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008. 1.

Widiastuti, C. T., Widayat, G. M., Kharisma, D., Prasetyani, E. T., Fajar, D., & Fatkhur, I. (2022). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN PEMASARAN ONLINE BAGI UMKM DI KELURAHAN MLATIBARU SEMA-RANG.

Yulita, R. (2021). STRATEGI PEMASARAN BERBASIS DIGITAL UNTUK PEN-INGKATAN PENDAPATAN PELAKU UMKM DI KELURAHAN TANGKERANG BARAT, KECAMATAN MARPOYAN DAMAI. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Jotika, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.56445/jppmj.v1i1.1

Published
26-04-2023