Pengaruh Kualitas Produk dan Daya Beli Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Beras Lumbung Padi Indonesia (LPI) di Pasar Perumnas

  • Muhammad furqon politeknik lp3i
  • Novi Rukhviyanti STMIK IM
  • Lilis Suharti Politeknik LP3I
  • Achmad Azhari Politeknik LP3I
Keywords: kualitas produk, daya beli konsumen, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa apakah kualitas produk dan daya beli konsumen Beras Lumbung Padi Indonesia (LPI) berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 184 orang, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 65 responden dengan teknik Accidental Sampling menggunakan rumus slovin. Analisis data dibantu menggunakan software SPSS dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan kualitas produk dan daya beli konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada beras lumbung padi Indonesia di pasar perumnas. Secara parsial kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan daya beli konsumen tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

References

Adinugraha, H. H., & Nadhifah, H. H. (2020). Analysis of Factors influencing the Purchasing Decision of Facial Foam labeled Halal. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 2(1). https://doi.org/10.21580/jdmhi.2020.2.1.5283

Ali Hasan. (2018). Jurnal Indovisi; Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan harga Terhadap Minat Beli Pakaian. Indonesoan Indovisi Institute, 1(Iii).

Anugerah, A. W., & Sudarwanto, T. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Onde-Ondebo Liem Yanik Mojokerto. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 01(01).

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1).

Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Program AMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryono, D. (2022). Menguji Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Rokok Elektrik di Soloraya. Jurakunman (Jurnal Akuntansi Dan Manajemen), 15(1). https://doi.org/10.48042/jurakunman.v15i1.101

Manambe, H. F., & Lapian, S. L. H. V. J. (2019). Kualitas produk, harga dan servicescape pengaruhnya terhadap keputusan pembelian (studi pada Rumah Makan Rosita Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4).

Mugambi, M., & Obuba, R. (2021). Effects of Consumer Purchasing Power on Buying Preferences in Shopping Malls in Kenya: A Case Study of Nakuru County. IRA-International Journal of Management & Social Sciences (ISSN 2455-2267), 17(3). https://doi.org/10.21013/jmss.v17.n3.p1

Olayeni, A., Ogbo, A., Okwo, H., Chukwu, B., Ifediora, C., & Ezenwakwelu, C. (2021). Green strategy effect on financial and environmental performance: a mediation analysis of product quality. Sustainability (Switzerland), 13(4). https://doi.org/10.3390/su13042115

Pramutoko, B. (2021). Pengaruh Pemilihan Lokasi, Daya Beli Konsumen dan Suasana terhadap Keputusan Pedagang Kaki lima Berjualan di Jalan H.O.S Cokroaminoto Kota Kediri. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 6(2). https://doi.org/10.32503/jmk.v6i

Rukhviyanti, N., Dioputra, S., Cepi Barlian, U., & Furqon, M. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Merek Mie Instan Indomie pada Alfamart Cabang Putat. JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), 13(2). https://doi.org/10.37151/jsma.v13i2.70

Tjiptono, F. dan Chandra, G. 2015. Service, Quality, dan Satisfaction, Edisi Ke-4. Yogyakarta, Andi.

Zaluchu, S. E. (2021). Metode Penelitian di dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan. Jurnal Teologi Berita Hidup, 3(2). https://doi.org/10.38189/jtbh.v3i2.93

Published
02-11-2022